Published On: Sel, Apr 1st, 2014

Calon DPD Mangkir 2 Kali Dipanggil Panwaskab

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) nomor urut 25, Mardjito Gisan Atmojo, tidak hadir dipanggil 2 kali oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban untuk dimintai keterangan. Terkait dugaan pelanggaran Pemilu yang dilakukanya saat acara Koperasi di Tuban beberapa waktu lalu.

DIDALAMI : Kabid Koperasi Disperpar saat diperiksa Panwaskab

DIDALAMI : Kabid Koperasi Disperpar saat diperiksa Panwaskab terkait kasus ini karena hadir dalam acara

Divisi Penindakan dan Pelanggaran Pemilu, Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Tuban, Edy Thoyibi saat dikonfirmasi  Selasa (1/4/2014), mengatakan pihaknya sudah 2 kali melayangkan surat panggilan. Sesuai dengan surat undangan klarifikasi ke-2 nomor 257/PANWASKAB-TBN/III/2014, tertanggal 27 Maret 2014. Namun yang bersangkutan tidak pernah hadir.

“Mardjito sudah kita lakukan pemanggilan yang ke-2 bersama Muhaimin selaku tim pemenangannya. Namun tidak ada hadir dan tidak ada kabar. Kita akan melakukan pemanggilan yang berikutnya, hingga sampai mereka hadir,” kata Edy.

Edy menegaskan pemanggilan tidak ada batas maksimalnya tetap dapat dilakukan hingga yang terperiksa hadir dimintai keterangan. Didalam perundangan Pemilu jika terperiksa tetap tidak hadir,  dapat dilakukan pemanggilan secara paksa. Namun jika masih saja tetap tidak dapat dihadirkan dalam pemeriksaan, maka Panwaskab akan mengambil kesimpulan berdasarkan keterangan saksi yang sudah diperiksa. “Yang bersangkutan tidak ada iktikad baik akan kita bawa kesidang pleno. Sesuai dengan pemeriksaan kita terhadap saksi yang mengetahui acara itu,” tegasnya.

Diketahui, kasus ini berawal pada Selasa (18/3/2014) di Gedung Juang Jalan Pramuka Tuban, jam 09.00 WIB sampai dengan jam 11.00 WIB. Diselenggarakan acara rapat koordinasi Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDO) Kabupaten Tuban dan Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (DEKOPINWIL) Jawa Timur. Dalam acara itu dihadiri oleh Ketua DEKONPINWIL Jawa Timur yang didalamnya diduga terdapat muatan sosialisasi kampanye calon DPD ini. (lis)

Facebook Comments

About the Author