Published On: Kam, Mei 7th, 2015

Buruan, Pendaftaran Panwascam Ditutup 15 Mei

TUBAN

illustrasi panwasseputartuban.com-Perangkat pendukung Pilkada Tuban 2015 terus dimatangkan. Setelah KPU Kabupaten Tuban menggelar seleksi PPK dan PPS kini giliran panitia pengawas kecamatan (panwascam) segera dimatangkan formasinya.

Mengingat pentingnya peran lembaga panwascam yang beranggotakan tiga orang ini mensukeskan pilkada, Panwaslu Kabupaten Tuban mulai 8 sampai 15 Mei 2015 akan membuka pendaftaran calon panwascam.

Ketua Panwaskab Tuban, Sullamul Hadi, mengatakan karena saat ini tahapan pilkada sudah dimulai maka perlu secepatnya membentuk panwascam.

“Kita berharap akhir bulan ini kelengkapan panwascam sudah terbentuk, sehingga bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan yang ada,” kata dia, Rabu (06/05/2015) siang.

Dalam rekrutmen kali ini, Hadi berharap bisa menghasilkan panwascam yang benar-benar berpotensi. Dengan begitu gelaran even suksesi lima tahunan di Bumi ronggolaww dengan agenda pemilihan bupati dan wakil bupati bisa berjalan dengan lancar.

“Yang harus ingat peran lembaga panwascam merupakan garda depan terselenggaranya pilkada yang bersih, jujur dan adil,” tegas Hadi.

Sementara ketika ditanya soal boleh dan tidak tidak fasilitator pendamping keluarga harapan (PKH) menjadi panwascam, dia menegaskan tetap mengacu pada surat edaran yang pernah dikeluarkan oleh Kemensos.

Isinya fasilitator PKH tidak boleh terlibat dalam politik dan menjadi penyelenggara pemilu.

“Selama peraturan itu tidak dicabut maka kita akan pakai sebagai acuan dan dasarnya, meski dalam undang-undang tidak ada dasar larangannya,” tandas Hadi.  MUHLISHIN

Syarat Menjadi Pengawas Kecamatan

pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 tahun untuk calon
anggota Panwaslu Kecamatan.

memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu dan pengawasan pemilu.

berpendidikan paling rendah SLTA atau yang sederajat untuk anggota panwaslu kecamatan.

mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik, jabatan politik,
jabatan di pemerintahan dan BUMN/BUMD pada saat mendaftar sebagai calon.

tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan BUMN/BUMD selama masa keanggotaan apabila terpilih.

tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

sumber: pasal 85 undang-undang nomor 15 tahun 2011

Facebook Comments

About the Author