Published On: Sel, Nov 20th, 2018

Bursa Inovasi Desa, Sarana Kembangkan Potensi Desa

seputartuban.com,TUBAN – Bursa  Inovasi Desa (BID) yang diselenggarakan oleh  Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Bapemas dan KB) Kabupaten Tuban, di Pendopo Krido Manunggal Pemkab Tuban, Senin (19/11/2018). Dalam kesempatan itu, tiap kecamatan mengeluarkan inovasi sejumlah desanya untuk dipilih dan diduplikasi desa lainnya di Kabupaten Tuban.

DORONG INOVASI : Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein dan Bupati Tuban, Fathul Huda (berpeci) saat mengunjungi salah satu stand inovasi

Kepala Bapemas dan KB, Mahmudi, mengatakan kegiatan itu bertujuan sebagai media pertukaran Ide maupun inovasi dan praktek cerdas yang bisa direplikasi di masing-masing desa. Selain Itu juga menyesuaikan potensi desa masing-masing.

Kegiatan BID yang diikuti oleh semua kecamatan, juga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang memiliki produk unggulan.  “Ditempat inilah masing-masing Kepala Desa bisa saling bertukar inovasi. Kegiatan  ini Akan diselenggarakan setiap tahunnya,” ungkapnya.

Kegiatan BID, dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Bupati Tuban, Fathul Huda. Serta hadiri Wakil Bupati beserta Forkopimda . Dalam  sambutannya Bupati menjelaskan, khususnya melalui transfer Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), diharapkan desa lebih berdaya. Desa meningkatkan kemampuannya untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Bupati dua periode itu juga menambahkan, kualitas tata kelola desa maupun sistem pendukung yang diwujudkan regulasi Dan kebijakan Sebagai Dampaknya kualitas perencanaan,pelaksanaan, pengendalian Dan pemanfaatan Dana Desa kurang optimal Dan kurang memberikan Dampak Terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author