Published On: Kam, Des 19th, 2013

Bupati Tuban; Industrialisasi Berpotensi Datangkan Bencana

Share This
Tags

SOKO

seputartuban.com – Keberadaan industrialisasi di Kabupaten Tuban mulai menggeliat. Agar tidak terjadi bencana, menurut Bupati Tuban harus dikelola dengan arif dan bijaksana.

simulasi bencana industri

LATIHAN : Bupati Tuban (kanan) saat dalam simulasi bencana industrialisasi

Bupati Tuban, H. Fathul Huda dalam sambutan diacara Simulasi Penanggulangan Bencana Kegagalan Teknologi Industri, diselenggarakan dilapangan Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Rabu (18/12/2013), mengatakan, dalam pengelolaan kekayaan alam harus dilakukan dengan arif dan bijaksana, agar tidak terjadi bencana.

“Karena penyebab terjadinya bencana itu disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri. Seperti bencana banjir, itu karena kurangnya lahan penyerapan air, sehingga air yang dara dari hulu langsung menuju kehilir. Juga banyaknya penebangan liar yang berakibat gundulnya hutan,” kata Bupati.

Bupati meminta kepada semua perusahaan yang ada di Kabupaten Tuban, supaya lebih aktif berpartisipasi didalam pengelolaan sosial disekitar perusahaaan masing-masing. “Saya meminta kepada semua perusahaan industri supaya mengantisipasi terjadinya bencana yang disebabkan oleh kegagalan teknologi idustri yang disebabkan oleh perusahaannya. Karena semua kegiatan industri itu, semuanya pasti membawa dampak kerusakan terhadap alam sekitarnya,” tegas Bupati.

Diketahui, simulasi ini dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, bersama jajaran Kodim 0811 Tuban, Polisi, Tim SAR, Instansi terkait, serta perwakilan dari Perusahaan yang ada di Kabupaten Tuban. (lis)

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. m.suyanto berkata:

    Dengan dibangunya tanggul kanan sangat berpotensi kemiskinan yg berkelanjutan bagi masyarakat yg ada disebelah kiri sungai bengawan solo kukususnya tuban selatan. Apabila pemkab tuban tidak merespon apa yg mdnjadi penderitaan warga tuban selatan sama halnya membiarkan keniskinan yg berkelanjutan dengan gaglnya panen 2 tahun terakir paska jadinya tanggul kanan