Published On: Kam, Jun 4th, 2015

Bupati Tuban Beri PR PT SI Aktif Peduli Lingkungan

KEREK

PESAN LINGKUNGAN : Bupati Tuban, Fathul Huda saat menyampaikan sambutan acara Reklamasi PT Semen Indonesia

PESAN LINGKUNGAN : Bupati Tuban, Fathul Huda saat menyampaikan sambutan acara Reklamasi PT Semen Indonesia

seputartuban.com – Bupati Tuban, Fathul Huda mengharapkan peran aktif PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk turut serta aktif menjaga lingkungan sekitar pabrik. Hal itu disampaikan pada saat acara Tutup Tanam Reklamasi yang dilakukan di gedung Auditorium PT. SI di Tuban, Kamis (04/06/2015).

Permasalahan lingkungan di sekitar pabrik diantaranya kekurangan atau kelebihan air. Kekeringan air itu disebabkan karena sumber air kering lebih cepat, karena hutan gundul. Tiap kali musim hujan terjadi banjir dan longsor. “Salah satu yang masih menjadi masalah, di Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, hampir 100 hektar lebih, 5 tahun tidak bisa ditanami apa-apa,” kata Bupati.

Hal Itu disebabkan karena air dari sebelah selatan Merakurak bermuara dilokasi tersebut yang tidak memiliki saluran air. Bupati berharap, PT. SI juga ikut serta ambil bagian, karena secara tidak langsung itu juga dampak dari perusahaan. Juga Desa Tlogowaru serta desa-desa disekitar perusahaan juga terkena dampaknya.

“Tahun ini harus sudah selesai, sehingga masalah kelebihan air ada solusinya. Sebab air itu buangan air dari SI, hanya menjadi buangan air. Saya yakin SI pasti siap membantu,” sambung Bupati.

Dalam kegiatan reklamasi itu, PT. SI menggandeng Perum Perhutani yang merupakan perseroan di bidang kehutanan dan memiliki tenaga ahli yang kompeten dalam pengelolaan hutan. Sehingga dipercaya untuk melakukan reklamasi pada lahan pasca tambang pada lokasi Ijin Punjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

Sementara itu, Executive Vice President (EVC) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, Sunardi Prionomurti, berharap sinergi dengan Perhutani dapat terus memacu pelaksanaan reklamasi untuk menghutankan kebali lahan pasca tambang di lokasi IPPKH. Serta mewujudkan industri persemenan yang ramah lingkungan, bermanfaat secara sosial, ekonomi dan ekologi. “Pelaksanaan reklamasi itu sudah menjadi tanggung jawab perusahaan, sehingga harus dilaksanakan,” kata Sunardi.

Pada tahun 2010 sudah dilaksanakan penanaman dikawasan tambang, yang dilakukan kerjasama dengan Perhutani dan juga warga sekitar lokasi tambang. Ada seluas 23 hektar ditanami pohon sebanyak 42.918 batang. Terdiri dari pohon jati dan jenis pohon lainnya, yang tersebar 12,8 hektar sebagai revegetasi, pada jenjang dan lantai selesai tambang sebanyak 29.286 batang, dan 10,2 hektar sebagai buffer zone dengan tanaman 13.632 batang.

Sedangkan ditahun 2014, dilakukan penanaman seluas 7,66 hektar dengan jumlah pohon ditanam sebanyak 14.444 pohon. Terdiri dari 10.111 pohon tanaman pokok, dan ditambah tanaman rimba campur, berupa Johar, Mahoni, dan Trembesi sebanyak 4.333 pohon.

“Dengan kegiatan ini kita bisa menjaga kelestarian hutan dan mengembalikan fungsi lahan bekas penambangan batu kapur menjadi hutan kembali,” pungkasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author