Published On: Sab, Jun 25th, 2016

Bupati Kecewa, Karena Kepuasan Publik Sekitar Perusahaan Rendah

MERAKURAK

seputartuban.com – Bupati Tuban, Fathul Huda sangat kecewa karena kepuasan publik masyarakat sekitar perusahaan terhadap pemerintah daerah (Pemkab) sangat rendah. Hal itu disampaikan pada saat menghadiri pembukaan pasar murah yang diselenggarakan PT Semen Indonesia di Graha Sandiya, kawasan perumahan dinas PT SI, Kecamatan Merakurak,  Jumat (24/6/2016).

Bupati Tuban, H. Fathul Huda dan Direktur PT SG, Sunardi

Bupati Tuban, H. Fathul Huda dan Direktur PT SG, Sunardi

Menurut Bupati, semua wilayah di ring 1 perusahaan yang ada di Tuban, baik PJB Migas, Holcim, Semen Indonesia, TPPI dan perusahaan lainnya kepercayaan publik terhadap masyarakat terhadap Pemkab sangat rendah. Masyarakat disekitar perusahaan-perusahaan beranggapan bahwa Pemkab tidak memiliki peran terhadap mereka. “Anggapan masyarakat peran serta Pemkab terhadap masyarakat atau advokasi kurang dan ini menyebabkan kepercayaan publik sangat rendah,” kata Bupati.

Bupati menegaskan bahwa kondisi itu benar-benar nyata dan harus menjadi pemikiran bersama. Mungkin ada beberapa hal yang perlu dibenahi dan meningkatkan komunikasi antara perusahaan dengan Pemkab, sehingga ketidakpuasan publik dapat diperbaiki. “Harus kita pikirkan bersama dan komunikasi perlu ditingkatkan lebih baik lagi, sehingga tidak ada miskomunikasi,” harap Bupati.

Sementara itu, Direktur PT Semen Gresik, Sunardi Priyono Murti mengatakan yang dimaksud Bupati itu karena keinginan masyarakat belum terpenuhi seratus persen, sehingga perlu adanya peran serta dari Pemkab. Mungkin juga ada hal-hal yang perlu dicermati bersama. “Kita selalu melakukan koordinasi dengan Pemkab dan perlu dipetakan yang kurang aktif siapa,” jelas Sunardi.

Sunardi menambahkan bahwa perusahaan sebagai makmum saja, sedangkan Pemkab sebagai imamnya. Sebenarnya keterlibatan Pemkab sangat bisa terlihat oleh masyarakat dan perusahaan akan patuh jika Pemkab Tuban sudah memutuskan sesuatu. “Kita akan lakukan koordinasi dengan Pemkab, sebab kegiatan yang kita lakukan selalu koordinasi, seperti kegiatan forum masyarakat kokoh,” sambungnya.

Selain itu, menurut Sunardi, perusahaan sudah melakukan upaya untuk memberikan bantuan sosial terhadap masyarakat sekitar. Namun, kepuasan itu relatif, sehingga tidak semua masyarakat bisa puas dengan apa yang sudah diberikan perusahaan, apalagi disetiap masyarakat pasti ada pro dan kontra. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author