Published On: Kam, Feb 11th, 2016

Bupati dan Dandim Tuban Blusukan Banjir Parengan

PARENGAN

TIDAK CANGGUNG : Bupati Tuban, Fathul Huda saat memberikan bantuan sembako kepada warga Desa Selogabus, Kecamatan Parengan

TIDAK CANGGUNG : Bupati Tuban, Fathul Huda saat memberikan bantuan sembako kepada warga Desa Selogabus, Kecamatan Parengan

seputartuban.com – Bupati Tuban, Fathul Huda dan Dandim 0811 Tuban, didampingi masing-masing stafnya mengunjungi korban banjir luapan Kali Kening, di Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Rabu (10/2/2016) pukul 10.15 WIB. Selain menyerahkan bantuan juga berdialog dengan warga untuk menggali aspirasi mereka.

Rombongan awalnya di Balai Desa Selogabus, kemudian menuju lokasi banjir di Dusun Juwet Desa Selogabus menggunakan sepeda motor. Dengan mengunjungai tanaman padi 65 hektar serta tebu yang tergenan banjir hingga lutut orang dewasa.

Bupati Tuban, Fathul Huda dalam blusukanya itu selain menyampaikan bantuan sembako juga wujud kepedulian kepada rakyatnya. Selain memberikan semangat kepada warga korban banjir, juga akan memberikan sejumlah bantuan.

AKRAB : TIDAK CANGGUNG : Dandim 0811/TubanTuban, Letkol Sarwo Supriyo saat memberikan bantuan sembako kepada warga Desa Selogabus, Kecamatan Parengan

AKRAB : Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo saat memberikan bantuan sembako kepada warga Desa Selogabus, Kecamatan Parengan

MENYATU : Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo saat berdialog dengan warga

MENYATU : Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo saat berdialog dengan warga

Di Kecamatan Parengan banyak petani tebu yang tahan banjir. “Supaya mengembangkan tanaman tebu karena di Tuban banyak lahan kritis cocok untu tebu. Juga relatif aman dari serangan hama dan banjir,” katanya.

Kemudian Bupati akan memberikan program hibah kepada petani. “Memberikan sumbangan sembako, dan untuk koperasi petani tebu diprogramkan untuk dapat hibah seperti kelompok tani padi atau polowijo,” tegasnya.

Sementara itu, Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Sarwo Supriyo menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk sigap menghadapi bencana. “Kita harus tanggap dengan situasi  wilayah khususnya bagi warga yang tinggal di pinggiran sungai. Terutama disaat musim penghujan seperti sekarang,” katanya.

Dandim juga menyampaikan bencana tidak dapat dihindari, namun dapat dikurangi dampaknya karena kesiapsiagaan oleh semua aspek. “Dengan ketanggap segeraan dari masyarakat nantinya akan terciptanya desa yang tangguh bencana. Sehingga dampak dan kerugian dari bencana banjir yang terjadi dapat diminimalisir sejak dini,” tegasnya.

Kemudian pada pukul 13.00 WIB, Bupati dan Dandim 0811 Tuban melanjutkan blusukan ke lokasi banjir di Desa Patihan dan Desa Ngadipuro Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban.

Diketahui banjir luapan Kali Kening merendam 11 desa di Kecamatan Parengan. Yakni Desa Sembung, Desa Cengkong, Desa Brangkal, Desa Mergoasri, Desa Suciharjo, Desa Selogabus,  Desa Sukorejo, Desa Parangbartu, Desa Kumpulrejo, Desa Kemlaten dan Desa Parangbartu. MUHAIMIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author