Published On: Rab, Des 17th, 2014

Bupati Canangkan Tuban Bumi Biopori

Share This
Tags

TUBAN

IDE BARU : Bupati Tuban, Fathul Huda saat melaunching gerakan 200 ribu biopori

IDE BARU : Bupati Tuban, Fathul Huda saat melaunching gerakan 200 ribu biopori

seputartuban.com Bupati Tuban, Fathul Huda mencanangkan pembuatan lubang resapan air melalui gerakan 200 ribu biopori. Untuk menyukseskan program ini, tiap perijinan bangunan atau perusahaan harus membuat biopori sebagai salah satu syarat pemberian ijin.

Saat serah terima secara simbolis bantuan 10 ribu biopori dari PT. Semen Indonesia di alun-alun Tuban, Rabu (17/12/2014) Bupati menjelaskan syarat baru baru perijinan ini bukan bentuk menghambat usaha atau investasi. Namun hal ini sebagai bentuk penyelamatan lingkungan dan meningkatkan kepedulian.

“Sebenarnya kita ini tidak menghambat dalam proses perijinan, namun mereka juga harus peduli terhadap lingkungan sekitar, sebab dengan penambahan bangunan itu akan mengurangi tempat untuk resapan air,” kata Bupati Tuban.

Jika biopori yang ditargetkan sudah terpenuhi diharapkan dapat mengurangi terjadinya bencana banjir. Khususnya di kawasan perkotaan yang semakin sedikit lahan resapan air. “Biopori ini bertujuan agar air ini tidak liar, sebab setiap tahunnya lahan kita ini selalu berkurang, setiap tahun ada sekitar 1,4 persen pengurangan lahan yang dipakai untuk bangunan. Kita menganggap perlu adanya trobosan dengan perkembangan teknologi saat ini,” imbuhnya.

Bupati berjanji akan mempermudah perijinan, namun harus membuat biopori terlebih dahulu. Serta melakukan penanaman pohon. “Kita juga harus memberikan pencerahan dan wawasan kepada para generasi muda terutama anak-anak didik kita agar lebih peduli dan mencintai lingkungan, sebab semakin tahun bumi ini semakin rusak dan bila sudah rusak makan akan terjadi kehancuran,” tegasnya.

Dalam rangka mendukung gerakan yang dicanangkan Bupati Tuban ini, PT Semen Indonesia mendukungnya dengan membuat 10 ribu biopori yang akan disebar di beberapa wilayah kelurahan di Kabupaten Tuban.

Diantaranya, di Kelurahan Sendangharjo, Kelurahan Sidorejo, Kelurahan Baturetno, Kelurahan Perbon, Kelurahan Latsari masing-masing sebanyak 100 unit. Dilanjutkan di tiap lokasi seperti di Alun-alun Tuban, kawasan Kantor Bupati Tuban, Taman Kota serta Halaman Kantor Pusat Semen Gresik masing-masing dibuat 25 unit biopori. Selain itu juga melibatkan 83 sekolah binaan Adiwiyata.

Sebelumnya kegiatan pembuatan biopori ini juga sudah dilaksanakan Kodim 0811 Tuban dalam rangka HUT TNI ke 69 pada September 2014. Telah membuat 14.000 lubang biopori yang dilaksanakan oleh Kodim 0811 Tuban dan jajaran. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author