Published On: Sab, Jan 23rd, 2016

Bulan Depan Paripurna Istimewa Penetapan Cabup-Cawabup Terpilih

TUBAN

MENANG : Pasangan Hudanoor dan istrinya usai memilih di TPS 8, Kelurahan Latsari, Tuban, Rabu (9/12/2015)

MENANG : Pasangan Hudanoor dan istrinya usai memilih di TPS 8, Kelurahan Latsari, Tuban, Rabu (9/12/2015)

seputartuban.com – Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Fathul Hudan dan Noor Nahar Hussein dalam Pemilukada 9 Desember 2015 hingga saat ini masih menunggu kepastian dari pemerintah Provinsi Jatim. Namun penetapan pemenang pasangan calon oleh DPRD Tuban akan dilakukan bulan depan.

Sekretaris DPRD Tuban, Supriyanto menegaskan pihaknya belum mendapat kepastian jadwal pelantikan. Terkait waktu dan tempat apakah di Tuban atau di Propinsi Jatim belum jelas. “Kita masih belum menerima kepastian pelaksanaan pelantikan, tetapi kita terus lakukan koordinasi,” kata Sekwan, Supriyanto, Jumat (22/1/2016).

Sebagai tahapan proses pengesahan Kepala Daerah, DPRD Tuban sudah menjadwalkan sidang paripurna istimewa yang akan dilakukan 1 Pebruari 2016. Hasil penetapan itu akan diajukan ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jatim. “Semua berkas pengusulan ke Mendagri sudah kita siapkan dan tinggal menunggu pelaksanaan paripurna penetapan saja,” sambungnya.

Sedangkan sesuai Sesuai dengan Perpu nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Dalam pasal 164 ayat 1, Bupati dan Walikota dilantik oleh Gubernur di ibu kota Provinsi yang bersangkutan. Biaya pelantikan ditanggung oleh pemerintah provinsi.

Namun Pemkab Tuban melalui Sekretariat DPRD Tuban sudah menganggarkan dalam APBD 2016 biaya pelantikan sebesar Rp. 250 juta.“Kalau pelaksanaan di propinsi maka anggaran yang sudah kita siapkan akan kita alihkan saat proses PAPBD,” jelasnya.

Dianggarkanya biaya pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tuban yang sebenarnya habis masa jabatan 20 Juni 2016 itu sebagai bentuk kesiapan segala kemungkinan. Jika dilaksanakan di Tuban, maka anggaran yang sudah ada tinggal dipakai.

Diketahui, dalam pelantikan Hudanoor 2011 lalu, DPRD Tuban melaksanakan sidang Paripurna Istimewa bersamaan dengan pelantikan. Di komplek Kantor Bupati dan Wakil Bupati Tuban. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author