Published On: Sen, Mei 15th, 2017

Bukti Nasionalisme dan Patriotisme PSHT Sudah Mengakar

seputartuban.com, TUBAN – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) sebuah organisasi silat terbesar di Indonesia memiliki semangat dan jiwa nasionalisme serta patriotisme sudah terbukti dalam sejarah dan mengakar menjadi ajaran. Sehingga warisan jiwa budi pekerti luhur berlandaskan Pancasila harus tetap dikuatkan dalam ajaran dan kehidupan sehari-hari oleh warganya.

NKRI SEJATI : Didik Mukrianto saat menyampaikan materi kepada para pengurus cabang dan ranting PSHT Tuban

Hal itu disampaikan salah satu pengurus pusat PSHT sekaligus anggota Komisi III DPR RI, Didik Mukrianto, Sabtu (13/5/2017) di Gedung KSPKP Tuban. Dalam acara pembinaan pengurus cabang dan ranting.
Jiwa nasionalisme dan patriotisme para warga SH Terate sudah tertanam sejak dibentuknya organisasi. Terbukti pendiri SH Terate, Ki Hajar Hardjo Oetomo pada tahun 1950 dianugerahi oleh pemerintah sebagai pahlawan perintis kemerdekaan. 

Dibuktikan dengan semangat juangnya semasa hidup yang terus melakukan perlawanan kepada penjajah. Bukti lainya adalah sejarah organisasi terbukti sebagai alat perjuangan masyarakat. Bahkan mars PSHT dalam syairnya jelas menyebut tentang nilai patriotisme dan nasionalisme salah satunya Pancasila.

“Pendiri PSHT beberapa kali diasingkan tapi terus melakukan perjuangan. Selain itu juga menerbitkan tabloid sebagai alat perjuangan” kata Didik yang menjadi warga PSHT tahun 1989 itu.

Sehingga ditengah modernisasi dan ditengah kebesaran nama PSHT, seluruh warganya harus tetap berpegang teguh ajaran yang dimilikinya. “Sifat organisasi dan paguron harus tetap terjaga sampai kapanpun. Kebaikan yang ada pada diri kita perlu disebarluaskan melalui media maupun media sosial. Agar masyarakat tidak termakan kesan negatif yang dimunculkan pemberitaan atau kabar di Media,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Laksamana Sigit Mustofa, pengurus pusat yang menjadi warga tahun 1980-an itu menegaskan pentingnya para warga menjaga dan menjalankan 4 pilar kebangsaan. 

Hadir dalam pertemuan itu, seluruh dewan pertimbangan cabang, pengurus cabang dan perwakilan pengurus ranting Se-Cabang Tuban. Serta perwakilan pengurus Pusat PSHT Madiun.  NAL

Facebook Comments

About the Author