Published On: Kam, Feb 6th, 2020

Bukan Sekedar Peduli, PT Semen Indonesia Tanah Pohon Produktif

seputartuban.com, MERAKURAK – Dalam operasionalnya PT Semen Indonesia (Persero) Tbk , yang mengedepankan semangat tumbuh berkembang bersama masyarakat. hal itu Juga selaras dengan kelestarian lingkungan dengan diwujudkan melalui Pilar SI (Semen Indonesia) Lestari. 

SEMANGAT : Sejumlah siswa SD saat menanam pohon produktif

Gerarak menanam pohon  ini juga merupakan salah satu  inisiatif strategis perusahaan, untuk memfokuskan aksi-aksi kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) pada ranah pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Direktur Keuangan PT Semen Gresik, Muhammad Supriyadi, dalam sambutannya mengatakan pada awal tahun 2020 ini SI Lestari mengawali kegiatan secara simbolis. Untuk melakukan penanaman pohon produktif di bantaran sungai di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

“Kegiatan ini muncul karena adanya potensi lahan pasif di bantaran (sepanjang) sungai tersebut belum dimanfatkan secara optimal,” katanya, Rabu (5/2/2020).

Adapun tepi sungai yang ditanami dengan tanaman produktif tersebut  sepanjang kurang lebih 3.800 meter. Berada di Desa Tuwiri Wetan, Tuwiri Kulon dan Desa Senori. Seluruhnya berada di kawasan Kecamatan Merakurak.

Lebih lanjut, Supriyadi menjelaskan sungai yang ada di beberapa desa tersebut memiliki aliran air yang cukup stabil di sepanjang musim. Melihat kondisi ini, maka peluang penanaman pohon produktif seperti Kelengkeng, Alpukat dan Durian sangat terbuka. Dengan penanaman pohon produktif di bantaran sungai ini diharapkan selain dapat menanggulangi abrasi juga memiliki nilai ekonomis tersendiri.

“Kami juga berharap kepada masyarakat untuk turut serta menjaga dan merawat pohon yang telah kita tanam bersama-sama ini. Nantinya, tanaman ini jika berbuah juga dapat dimanfaatkan sendiri oleh masyarakat,” ungkapnya. Di ketahui, dalam kegiatan penanaman pohon tersebut juga turut hadir, pimpinan dan karyawan PT SI, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Forkopimka Merakurak, klub binaan PT SI. Serta siswa SD  dari 5 sekolah yang ada di bantaran sungai. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Videos