Published On: Rab, Agu 22nd, 2012

Buka Usaha, Upaya Pemberdayaan Dan Pertahankan Musik Melayu

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

SEMANDING

seputartuban.com – Ditengah perkembangan jaman, dewasa ini muncul beragam aliran musik yang disukai masyarakat. Berbeda dengan Willy Santoso Juanda (35), warga Perum Karangindah Blok AH no 14 Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Dirinya melalui usaha karaoke yang digelutinya merupakan bagian dari upaya mempertahankan musik melayu ditengah masyarakat.

Musik orkes melayu binaanya dia rintis sejak dini, bahkan personilnya diambilkan bukan dari beragamam kalangan. Mulai dari pekerja bangunan, tukang sayur, hingga penjual mie ayam. “ini upaya saya untuk mempertahankan musik melayu agar selalu dihati masyarakat. Selain itu juga bentuk pemberdayaan masyarakat, dengam memberikan kemampuan bermusik serta jika tampil, mereka mendapatkan penghasilan tambahan,” jelasnya.

Personil group musik melayu binaan bos Oke Pub & Karaoke itu adalah Huri sebagai kecer, dulunya bapak 2 anak ini bekerja sebagai tukang batu. Agung sebagai Lid Guitar Melodi, dulunya bekerja penjual mie ayam. Hadi pemain Keyboard dulunya menjadi tukang buah keliling. Dwi pemain bass dan Agus pemain gitar dua bersaudara ini dulunya bekerja menjadi penjual sayur keliling.

6 personil Musik melayu dengan nama Group orkes Melayu Wijaya  tersebut semuanya adalah hasil dari pembinaan suami Yolanda Royani Amd, sejak tahun 2003 silam. “selain sebagai usaha, Oke juga saya gunakan sebagai bentuk mempertahankan musik melayu agar tidak punah tergerus aliran musik lainya,” jelasnya.

Kini, group musik binaanya ini sudah mahir. Selain menjadi pemain tetap di OKE juga tampil disalah satu TV Swasta di Jawa Timur. Selain itu juga show disejumlah kota lainya. “Saya hanya ingin melestarikan kesenian musik asli jawa, dan tidak kecampuran koplo ataupun remix, dan memberi kesempatan pada orang yang ingin bekerja jadi pemusik,” tandasnya.

Bahkan dia juga sempat berpesan terkait musik yang semakin hari semakin berkembang ini kepada seputartuban.com,  yaitu harus menghidupkan seni. Ingin menjadikan Kabupaten Tuban menjadi Kota musik yang bersih dan mengangkat kebudayaan daerah melalui musik. “Itu adalah cita cita saya, menjadikan tuban dengan berbagai kebudayaan yang dinikmati banyak masyarakat,” imbuhnya.

Foto : Willy Santoso Juanda. ST

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos