Published On: Rab, Okt 1st, 2014

Budi Wiyana Kandidat Proporsional Sekda Tuban

TUBAN

BUDI WIYANA: Kepala Bappeda Tuban

BUDI WIYANA: Kepala Bappeda Tuban

seputartuban.com-Lowongnya jabatan sekretaris daerah (sekda) Pemkab Tuban pasca mangkatnya Heri Kisworo selaku pejabat definitif, langsung direspon dengan mengangkat pelaksana tugas (plt) jabatan top manager tersebut.

Salah satu nama yang dianggap paling proporsional untuk mengisi jabatan tersebut adalah Kepala Bappeda Tuban Budi Wiyana. Sebelumnya sempat beredar beberapa figur yang diprediksi akan mengisi posisi yang ditinggalkan Heri Kisworo, seperti Asisten Pemerintahan Mustarikah serta Kepala Dinas Pertambangan yang baru dilantik ramadhan lalu Tajudin Tebyo.

Namnun kedua nama terakhir hampir pasti tak masuk kandidat proporsional setelah Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein memberi sinyal, pilihan akan jatuh ke sosok Budi Wiyana dengan pelbagai pertimbangan. Salah satunya faktor senioritas di internal birokrasi Pemkab Tuban.

Dijelaskan, sesuai surat keputusan Gubernur Jawa Timur tertanggal 11 September 2014, Kepala Bappeda Tuban diberikan tugas tambahan sebagai plt sekda yang saat ini kosong sampai ditetapkan pejabat definitif. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan pemerintahan tidak terganggu. Namun SK itu baru turun ke Pemkab Tuban pada 23 September.

Menurut dia, penunjukkan Kepala Bappeda sebagai plt Sekda Tuban dianggap cukup fair dan tepat. Noor Nahar memandanmg sosok Budi Wiyana mampu dan memiliki pengalaman dalam mengelola perencanaan pembangunan daerah.

Namun demikian, sambung birokrat kelahiran Desa Rengel ini, hal itu masih bersifat sementara sampai nantinya akan diangkat pejabat tetap.

“Kita pandang Kepala Bappeda punya kemampuan. Selain dia sudah berpengalaman, karena selama ini memang dia yang paling rajin berkoordinasi dengan sekretaris daerah dalam membuat perencanaan program-program pembangunan daerah. Tapi semuanya masih belum pasti. Harus dilakukan fit and proper test terlebih dulu,” papar Noor Nahar, Rabu (01/10/2014) siang.

Ditegaskan, untuk menentukan sekda devinitif masih harus menunggu Bupati Tuban Fathul Huda yang saat ini tengah menunaikan iabddah haji.

“Kita usahan secepatnya (pengangkatan sekda definifif) agar tidak menjadi kendala dalam pelaksanaan pemerintahan di Kabupaten Tuban,” katanya.

Sekadar tahu, jabatan sekretaris daerah adalah jabatan karier tertinggi dalam birokrasi pemerintahan pada  tingkatan wilayahnya masing-masing.  Sekda diangkat dari PNS yang memenuhi persyaratan. Diantaranya persyaratan administrasi kepegawaian serta memiliki kompetensi tinggi dalam hal mengatur, memimpin dan mengkoordinasikan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan dengan semua unit kerja di daerah.

Syarat kepangkatan  bagi seorang calon sekda kabupaten adalah pembina utama muda golongan ruang (IV/c) atau minimal satu tingkat di bawahnya, yaitu pembina tingkat I golongan ruang (IV/b).

Satu hal yang perlu dipahami  oleh semua  pihak adalah, bahwa jabatan sekretaris daerah adalah jabatan karier atau jabatan struktural. Artinya figur yang menduduki jabatan ini  diangkat  oleh pejabat yang berwenang sesuai persyaratan yang berlaku dalam organisasi pemerintahan. Bukan  disampaikan oleh masyarakat sebagai aspirasi karena jabatan sekda bukan jabatan  politik.  MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos