Published On: Ming, Mar 5th, 2017

Bude Karwo Sebut Batik Tenun Gedok Potensial Dikembangkan

seputartuban.com, TUBAN – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur, Nina Kirana Soekarwo menyebut Tuban memiliki potensi kerajinan yang dapat dikembangkan. Salah satunya adalah batik tenun Gedok.

SINERGI : Sinergitas Kegiatan Kementrian Koperasi dan UKM dengan Dekranas di Pendopo Kridho Manunggal Pemkab Tuban, Sabtu (4/3/2017)

Hal itu disampaikan Ketua Dekranasda Jatim yang juga  Istri Gubernur Jawa Timur dalam sambutanya di Pendopo Kridho Manunggal, Sabtu (4/3/2017) acara Sinergitas Kegiatan Kementrian Koperasi dan UKM dengan Dekranas.  “Tenun Gedok Tuban sudah sangat dikenal di Indonesia, hal ini harus bisa terus dikembagkan dan ditingkatkan pemasarannya,” ungkapnya.
Berkembangnya potensi tersebut tidak lepas dari peran serta banyak pihak, terutama pengrajin. Di Kabupaten Tuban pengrajinnya terkenal sangat kreatif, dan sampai saat ini belum ditemukan kesulitan dalam mencari pengrajin. Hal ini tentu menjadi nilai tambah dalam mengoptimalkan potensi lainnya yang sudah ada, seperti sudah tersedianya bahan baku. 

“Dukungan kepada pengrajin tersebut tentunya dapat dilakukan dengan berbagai hal, seperti membantu dalam permodalan dan juga pemasarannya,” imbuhnya.

Bu de Karwo juga mengungkapkan dalam peningkatan PDRB Jatim atas peran serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta koperasi. Karena dari faktor keduanya sangat berdampak baik bagi perekonomian di Jatim. Saat ini pertumbuhan ekonomi Jawa Timur adalah 5,5 Persen atau masih berada di atas Nasional.

Selain pemerintah, peran serta juga diharapkan dari berbagai pihak terkait yang dapat mengembangkan UMKM dan Koperasi melalui berbagi program yang dimiliki. 

Senada disampaikan Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mengatakan pengrajin di Kabupaten Tuban luar biasa. dari kebutuhan hulu sampai hilir sudah tersedia. Dari bahan baku, mulai kapas jadi benang, di tenun sampai di batik bisa sudah ada. 

Yang harus mendapat perhatian saat ini adalah bagaimana membuat produk-produk tersebut memiliki kualitas yang baik dan dapat diterima oleh pasar. “Dengan hasil yang baik maka akan dapat meningkatkan pendapatan para pengrajin” tambahnya.

Dalam acara itu dilaksanakan juga pengukuhan pengurus oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Tuban, Hj. Qodiriyah Fathul Huda, yang juga istri Bupati Tuban, Fathul Huda. HMS/MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author