Published On: Sel, Jul 30th, 2013

Buah Dari Ketekunan, Raih Medali Emas Menpora

Share This
Tags

SEMANDING

seputartuban.com – Dengan ketekunan dan berlatih keras, atlit Kabupaten Tuban meraih juara tingkat nasional. Andharu Daffa Aji (13), warga Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, peraih juara nasional cabang renang tingkat pelajar.  Dengan memperoleh 2 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

Andharu Daffa Aji menunjukkan medali yang diraihnya

Andharu Daffa Aji menunjukkan medali yang diraihnya

Dalam ajang yang diadakan Menteri Pemuda dan Olah raga (Menpora) dalan Kejuaraan Nasioanal (Kejurnas) Pusat Pelatihan Pelajar daerah (PPLD)  di arena Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, pada 1 sampai 5 Juli 2013.

Sebagai wakil Jatim, dia mampu meraih 2 Medali emas, dari kategori gaya punggung 100 meter dengan perolehan waktu 1 menit 16 detik. Untuk medali Perak diraihnya dari gaya kupu-kupu 110 meter dengan catatan waktu 1 menit 18 detik. Sedangkan untuk medali perunggu diraihnya dari gaya bebas 100 meter dengan catatan waktu 1 menit 08 detik.

Saat didatangi seputartuban.com, di rumahnya, Sabtu (27/07/2013) mengatakan, kemenangannya diraihnya karena ketekunan berlatih. Tiap hari, minimal harus berenang sejauh 3000 meter atau sedikitnya 2 jam. Latihan tersebut, dibaginya menjadi 3 tahapan dan gaya. Latihan lebih ditekankan pada kecepatan dan gaya start. Tujuannya, agar dalam perlombaan, dirinya bisa bersaing dan mengalahkan pesaingnya.

Putra pertama dari pelatih renang kawakan Sugianang (44), ini sejak umur 4 tahun sudah mulai berlatih renang. Awalnya, dirinya harus menderita sakit selama 2 minggu. Mulai sakit panas, flu, mual sampai gatal.

Menurut siswa kelas 7 SMP N 1 Tuban itu, menjelang perlombaan, latihan akan semakin rutin dan lebih intensif. Hal ini dilakukannya untuk menjaga kelenturan otot dan kecepatannya. Untuk hal kecepatan, dirinya memiliki trik khusus dari bapaknya. Namun dirinya hanya tersenyum saat ditanya trik apa itu ?.

“Sebelumnya saya juga juara Jatim gaya punggung 100 meter , dan gaya bebas 50 meter. Saya berangkat atas nama SMP. Dana pemberangkatan dan akomodasi ditanggung Pemprov jatim,” ungkapnya.

Meski sudah mengharumkan nama Tuban dikancah nasional, hingga saat ini Daffa mengaku belum ada perhatian apapun dari Pemkab Tuban. (han)

Facebook Comments

About the Author