Published On: Kam, Mei 19th, 2016

BPBD Tuban; Nelayan Agar Berhati-Hati Melaut

TUBAN

seputartuban.com – Memasuki pancaroba atau perubahan musim menyebabkan peningkatan gelombang laut dan kecepatan angin. Sehingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menghimbau nelayan agar berhati-hati saat melaut.

BERHENTI : Perahu nelayan Kecamatan Palang saat disandarkan

BERHENTI : Perahu nelayan Kecamatan Palang saat disandarkan

Sekretaris BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono, menjelaskan berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya, gelombang laut berkisar 2 sampai 2,5 meter dengan kecepatan angin 35 kilometer per jam. Pada 17 hingga 19 Mei 2016. Serta suhu laut kisaran 25-35 derajat Celcius, akan terjadi selama beberapa pekan ini.

Pantai utara laut Jawa mengalami peningkatan gelombang laut sekaligus kecepatan angin yang cukup tinggi. Selain itu potensi hujan ringan bisa saja terjadi sebab kelembapan udara mencapai 58-95 persen. “Kondisi tersebut cukup mengancam keamanan nelayan dalam melaut,” tegas Joko, Rabu (18/5/2016).

Apalagi kemampuan melaut nelayan di Tuban, lanjut Joko, rata rata hanya mampu mengarungi laut dengan ombak di bawah 3 meter. Bahkan untuk perahu kecil, gelombang dengan ketinggian 2 meter saja sudah membahayakan keselamatan nelayan.

Dengan kondisi cuaca tidak bersahabat tersebut, Joko menghimbau agar nelayan bisa berhati-hati dalam menjalankan aktivitas melaut. “Bukannya melarang untuk melaut. Namun jika dipaksakan melaut, bisa membahayakan nelayan. Jadi kami himbau untuk berhati-hati dalam melaut,” pungkas Joko.

Kondisi berbahaya tersebut akan sering terjadi sepanjang musim pancaroba tahun ini. Diketahui sebelumnya, baru saja ada rumah warga yang terkena gelombang tinggi hingga menyebabkan kerusakan, walaupun kerusakan ringan, tepatnya di Desa Glodog Kecamatan Palang. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos