Published On: Sen, Jun 24th, 2019

Bojonegoro, Di Bakar Warga, 5 Hektare Hutan Jati Terbakar

seputartuban.com BOJONEGORO-Di Bakar warga, hutan jati wilayah Kesatuan Penglolaan Hutan (KPH) Bojonegoro, RPH Dander terbakar.

Petugas Damkar Berjibaku di tengah hutan, berusaha padamkan api

Kebakaran hutan di musim kemarau terus mengancam, selama sepekan terahkir Hutan jati yang ada di selatan Kota Kabupaten Bojonegoro, hampir setiap hari mengalami kebakaran.

Seperti yang terjadi pada Senin sore tadi 24/06/2016, kebakaran hutan kembali terjadi di empat titik lokasi, di petak 25 dan petak 8-A, yang ada tanaman jatinya berusia di atas sepuluh tahun terbakar.

Menurut warga, Kebakaran ini terjadi sejak pukul 13.00, tepat di samping menara sutet, yang ada di wilayah ngunut hutanya terbakar, tak lama kemudian kebakaran menjalar ke beberapa lokasi lain yang menyebabkan, Tanaman kecil di bawah tegakan Jati hangus terbakar.

tidak lama kemudian, di titik lain yang jauh dari lokasi awal terjadinya kebakaran, kobaran api kembali terjadi yang dibsertai kepulan asap hitam membubung di atas hutan.

” tadi mulai siang, dan sebelumnya di sebelah sana itu pak, yang saat ini masih terlihat asapnya, kemudian baru yang ini,” kata Riza, warga.

“Kejadian seperti ini setiap hari terjadi, kemarin juga ada tapi agak jauh di dalam hutan, lagian ini sudah biasa, kita juga tidak pernah tahu ada pemadaman, dan biasanya di biarkan mati sendiri, kok memadamkan, Pos penjagaan saja tidak pernah ada orangnya pak, ” Imbuhnya

Asap mengepul, yang terlihat tak jauh dari pos penjagaan, milik peehutani, yang di tinggalkan petugas

Sementara itu, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (DAMKAR), yang mendapat laporan dari warga, turun kelokasi dengan menggunakan satu unit mobil pemadam kebakaran, selain dilakukan penyemprotan proses pemadaman secara manual dengan ranting pohon terpaksa dilakukan, mengingat, lokasi kebaran berafa jauh kedalam hutan, membuat mobil damkar tal bisa di masukan.

Menurut sukirno, selaku Kbid pemadaman menjelaskan, ” kebakaran ini terjadi, diduga akibat adanya unsur kesengajaan, yang di lakukan pengguna lahan, yang membakar sisa sampah pertanian mereka, dan merembet ke lahan wilayah hutan,” Kata Sukirno.

Sementara itu, akibat dari kejadian hari ini, sesikitnya ada lima hektare lahan teebakar, dan membakar batang jati yang ada di lokasi.

Selain itu, kebakaran ini juga meyebabkan matinya tumbuhan kecil di bawah tegakan pohon jati, dan membuat unsur mikro organiame tanah mati terbakar.

belum di ketahui secata pasti, berapa total luas lahan yang terbakar yang hampir setiap hari selama sepekan terahkir, petugas perhutani dari KPH Bojonegoro, belum dapat di konfirmaai, dan beberapa pos penjagaan yang dekat dengan lokasi kejadaian, terlihat kosong tanpa ada penjagaan.( FIR/AN)

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos