Published On: Kam, Mei 23rd, 2019

BMKG Usulkan Teropong Rukyat Bisa Siaran Langsung Untuk Kemenag

seputartuban.com.TUBAN –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban dan Kabupaten Nganjuk berkunjung ke Kantor Kementrian Agama (Kemenag ) Kabupaten Tuban, Rabu ( 22/5/2019). Mereka mengkoordinasikan rencana pemasangan alat sensor gempa dan pengusulan teropong untuk kegiatan Rukyatul Hilal.

HARAPAN BARU : Tim BMKG saat bertemu dengan Kepala Kantor Kemenag Tuban

“Kedatangan kami yang pertama ingin silaturrahmi dengan Kemenag Tuban, selain itu  koordinasi dengan Kemenag. Terkait bantuan alat teropong hilal dan pemasangan alat pendeteksi gempa,” jelas Kepala Stasiun BMKG Tuban, Desindra Deddy Kurniawan.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan kegiatan  Badan Hisab dan Rukyatul (BHR), yang diprakarsai Kemenag sangat penting. Namun masih terkendala sarana dan prasarana. “Ke depan dengan ditunjang  alat yang lebih canggih dan lebih bagus.  Selain bisa menjangkau lebih jauh juga bisa dipakai streaming dan proses langsung diketahui oleh  masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid mengatakan pihaknya sangat berterima kasih dan berharap rencana tim BMKG Tuban dan Nganjuk segera terealisasi. “Setelah berkoordinasi yang intensif  dengan Bupati dan Pemda, kita sudah ada menara rukyatul hilal. Mudah-mudahan untuk teropong guna keperluan rukyatul hilal beserta sensor gempa bumi, segera menyusul,”harapnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos