Published On: Kam, Nov 28th, 2019

BMKG Prediksi Turun Hujan Akhir November Atau Awal Desember

seputartuban.com, TUBAN – Badan Metrologi Klimatologi Geofisika ( BMKG) Stasiun Meteorologi Tuban memperkirakan awal hujan akan mulai akhir bulan ini atau awal bulan depan.

Peta BMKG wilayah Kabupaten Tuban

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Desindra Dedy Kurniawan, Kamis (28/11/2019) mengatakan sesuai prakiraan cuaca, pada akhir November atau awal Desember akan turun hujan. “Untuk daerah tuban itu november Dasarian III itu artinya tanggal 21 sampai tanggal 30 November untuk wilayah selatan, yang utara itu Desember Desarian 1 itu prediksinya 10 hari mulai tanggal 1-10 jadi untuk yang selatan menurut waktu sudah masuk,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk wilayah Jawa Timur sebagian justru sudah mulai huja. Diantaranya Jombang, Mojokerto, Surabaya. Sedangkan Tuban wilayah utara. “Kalau prediksi dari kami akhir november ini sudah turun hujan, awal desember sudah mulai merata,” imbuhnya.

Selain itu, Desindra mengingatkan untuk prediksinya pada awal-awal masa transisi muncul, untuk bulan november-desember ini perlu di waspadai cuaca ekstrim. Karena Untuk akhir-akhir ini cuacanya kalau malam terasa panas yang berarti itu tandanya ada proses pembentukan awan.

“Dalam masuk masa transisi, masyarakat harus waspada terhadap cuaca ekstrkm seperti puting beliung, angin kencang, hujan es, hujan petir,” pesannya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Videos