Published On: Rab, Okt 24th, 2012

Blokir JOB PPEJ, Warga Rahayu Tuntut Kenaikan Kompensasi

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

SOKO

seputartuban.com – Ratusan warga Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, yang tergabung dalam Forum Gerakan Rakyat Terkena Dampak (F- Gertak) melakukan aksi unjuk rasa di depan pintu Pad B Jonit Operation Body Pertamina- Petrochina East Java (JOB PPEJ), selasa (23/10/2012).

Salah satu tuntutanya adalah kenaikan pemberian kompensasi kepada warga. serta pemberian kompensasi terhadap 80 kepala keluarga (KK) yang belum diberikan haknya seperti warga lainya.

Koordinator aksi, Kamsiadi (35), mengungkapkan selama ini pemberian kompensasi untuk 80 KK ini belum dibayarkan. Selain itu, warga disekitar perusahaan sangat resah dengan dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat pengeboran minyak tersebut.

Warga meminta kenaikan kompensasi, karena sesuai janji perusahaan sejak 3 tahun silam belum juga terealisasi, sehingga dampak semakin meluas. “Yang dulunya Ring 1 mendapat Rp. 500 ribu sekarang harus naik menjadi Rp. 1 juta, Ring 2 awalnya Rp. 400 ribu sekarang minta Rp. 750 ribu. Dan Ring 3 dulunya Rp. 300 ribu sekarang menjadi Rp. 500 ribu. Sedangkan untuk di dusun Kayunan Rp. 250 ribu, ” ungkapnya.

Perwakilan warga sempat ditemui oleh perwakilan JOB PPEJ. Namun belum membuahkan kesepakatan bersama. Warga memberikan waktu selama 3 hari kepada perwakilan perusahaan untuk menyampaikan kepada pimpinanya sekaligus keputusanya. Jika tenggang waktu tersebut tidak dipenuhi, maka akan melakukan aksi susulan dengan massa yang lebih besar lagi.

Foto : warga saat melakukan aksi unjuk rasa

Facebook Comments

About the Author