Published On: Sab, Apr 11th, 2015

Biaya Pengamanan Pilkada Tuban Rp. 2,2 Milyar

TUBAN

Heri Muharwantoseputartuban.com – Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Tuban 2015 tinggal beberapa bulan lagi membuat apara kemanan bekerja ekstra. Diantaranya gencar melaksanakan rapat koordinasi lintas sektor untuk menganggarkan kebutuhan biaya pengamanan.

Kepala Sat Pol PP Pemkab Tuban, Heri Muharwanto mengaku sudah beberapa kali melaksanakan rapat gabungan dengan lintas sektor. Sudah disepakati pengajuan anggaran pengamanan yang akan didanai dari Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kab, Tuban 2015. “Kami adakan rapat terus menerus sampai tujuh kali hingga saat ini,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Jumat (10/04/2015) pagi.

Hasil rapat tersebut memutuskan total anggaran pengamanan dibutuhkan sebesar Rp. 2,2 milyar. Dengan rincian Polri sebesar Rp. 1,85 milyar. Kodim 0811 Tuban Rp. 350 juta, Kompi Senapan C Rp. 30 juta, Polisi Militer Rp. 10 juta dan Satpol PP Pemkab Tuban Rp. 450 juta.

Pengamanan dilakukan meliputi sejumlah hal. Diantaranya pengamanan aset pemerintah, pantroli atau pantauan alat peraga kampanye (APK). Serta melakukan patroli gabungan, hingga seluruh tahapan Pilkada selesai.

Kendala hingga saat ini adalah belum adanya jadwal pasti tahapan Pilkada dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sehingga belum dapat dilakukan pembuatan rencana pengamanan secara detail jauh-jauh hari.

”Kendala kami ya itu jadwal dari KPU yang belum turun kami hanya mendapatkan draf kegiatannya saja. Tapi untuk saat ini aparat gabungan keamanan yang akan mengawal Pilkada Tuban 2015 sudah siap siaga,” pungkasnya. Wanti Tri Apriliana

Facebook Comments

About the Author