Published On: Sel, Mar 10th, 2015

Biaya Pengamanan Pilkada Tuban Belum Jelas

TUBAN

EUFORIA PILKADA TUBANseputartuban.com – Meski pelaksanaan Pilkada Kabupaten Tuban 2015 tinggal 9 bulan lagi, anggaran pengamanan hingga saat ini belum jelas. Karena selain masih menunggu ketentuan perundangan, juga belum dilakukan koordinasi lintas sektor.

Kepala Kesbang Pol Linmas Pemkab Tuban, Aguk Waluyo Raharjo mengatakan penganggaran biaya pengamanan masih menunggu petunjuk teknis dari KPU Pusat dan Peraturan Menteri serta aplilkasi UU No. 1 Tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi undang-undang. “Kita masih belum menerima petunjuk resminya,”kata Aguk, Selasa (10/03/2015) melalui Ponselnya.

Namun demikian, saat ini Kesbang Pol Linmas sudah melakukan pendataan dan perencanaan kebutuhan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebab bila mengacu pada pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014 lalu, Kabupaten Tuban terdapat 2.909 TPS. Sedangkan saat Pilpres sebanyak 2.082 TPS. Setiap TPS dijaga 2 orang anggota Linmas dan 5 orang di PPS, 10 orang di PPK.

“Nanti bila peraturannya sudah ada, kita tinggal mencocokkan dan melakukan perubahan, Namun untuk nominasi anggaran kita masih belum bisa memastikan kebutuhannya,” sambungnya.

Kapolres Tuban, AKBP. Guruh Arif Darmawan menjelaskan hingga pihaknya baru malukan pemetaan kebutuhan personil maupun pengamanan. Diantaranya kerawanan daerah menjadi pertimbangan jumlah personil yang akan ditugaskan.

“Kita sudah melakukan beberapa persiapan, seperti dengan melatih anggota dalam pengamanan Pilkada nanti,” jelas Kapolres Tuban.

Ditanya biaya pengamanan yang dibutuhkan, Kapolres juga belum dapat memastikan. Karena hingga saat ini pihaknya masih menghitung kebutuhan anggaran. Namun dia menyiapkan dua pertiga dari kekuatan Polres Tuban atau sekitar 500 personil ditambah petugas dari TNI dan Sat Pol PP. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author