Published On: Sab, Mar 26th, 2016

Biaya Menerangi Jalanan Tuban Habiskan Rp. 1,4 Miliar Tiap Bulan

TUBAN

Salah satu ruas jalan di Tuban Kota yang dilengkapi LPJU

Salah satu ruas jalan di Tuban Kota yang dilengkapi LPJU

seputartuban.com – Sebanyak 5.200 Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) sedang disiapkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupatan Tuban untuk dipasang di tiga kawasan sepanjang tahun 2016.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Dinas PU Pemkab Tuban, Edy Kartono, Kamis (24/3/2016) pagi. Menurutnya, ketiga kawasan itu diwilayah Kecamatan Senori, Kecamatan Bancar dan Kecamatan Tuban.

“Target skala prioritas kami tahun ini akan memasang lampu peneranganya di jalan poros Desa Medalem, Senori sebanyak 29 titik pemasangan. Jalan poros Desa Banjarejo dan Desa Tergambang wilayah Bancar sebanyak 40 titik pemasangan, dan 21 titik pemasangan diwilayah Jalan walisongo kawasan kota,” terangnya.

Dianggarkan melalui APBD 2016 sebesar Rp. 875,500,000. Jumlah itu setelah dijumlahkan dari 3 pengerjaan diwilayah Kecamatan Senori sebesar Rp. 300 juta, Kecamatan Bancar Rp. 375 juta, serta di Kecamatan Tuban sebesar Rp. 187.500 juta. “Saat ini tengah dipersiapan untuk dilakukan lelang pada minggu depan. Sedangkan untuk pelaksanaan pengerjaanya akan dimulai sejak akhir bulan April ini,” imbuhnya.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Dinas PU Pemkab Tuban, Edy Kartono

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Dinas PU Pemkab Tuban, Edy Kartono

Pemkab Tuban sudah memasang LPJU di seluruh wilayah kecamatan. Saat ini dilakukan pemerataan pemasangan instalasi baru. Ini wujud komitmen nyata Pemkab Tuban dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk memberi penerangan jalan.

Selain itu diharapkan dapat mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas maupun meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Diantaranya para pelaku kejahatan tidak terlalu berani karena kondisi jalan yang terang, khususnya dikawasan rawan. “Secara keseluruhan, saat ini sudah terpasang lampu penerangan jalan dimasing-masing itu. saat ini hanya tinggal pelaksanaan untuk pemerataanya saja,” pungkasnya.

Saat ini  diseluruh Kabupaten Tuban terdapat 4.994 titik LPJU. Dengan biaya penggunaan listrik setiap bulan menghabiskan Rp. 1,4 miliar. Sedangkan tanggung jawab baik perawatan dan penggantian bohlam seluruhnya ditanggung oleh dinas PU melalui petugas unit wilayah barat dan wilayah timur. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author