Published On: Sab, Apr 25th, 2020

Bertambah Lagi, PDP Covid-19 Meninggal Dunia

seputartuban.com, TUBAN – Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Coronavirus Disease tahun 2019 (Covid-19) meninggal dunia Jumat (24/4/2020) sekitar pukul 08.15 WIB. Ini merupakan ketiga kalinya PDP di Kabupaten Tuban yang meninggal dunia.

BDH (66) asal Kecamatan Tuban, sebumnya masuk ke salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Tuban pada Rabu (23/4/2020) pagi hari. Dia dikategorikan PDP setelah hasil diagnosa dokter. Perempuan itu memiliki riwayat kontak dengan anaknya yang baru pulang dari Surabaya belum lama ini.

Data Covid-19 Jawa Timur, Jumat (24/4/2020)

Kemudian dia dirujuk ke rumah sakit swasta di Tuban lainnya yang menjadi rujukan pasir Corona. Setelah dilakukan pemeriksaan medis dengan Rapid Test, dia dinyatakan positif Covid-19. Namun belum dilakukan pemeriksaan swab.

Jenazah korban dimakamkan di pemakaian umum Pati, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Tuban. Dimakamkan oleh tim relawan dan tenaga pemakaman. Dengan sesuai standar protokol kematian akibat Covid-19.

Sebelumnya, Mr (24) meninggal dunia setelah persalinan anak pertama di RS Koesma Tuban, Kamis (23/4/2020). Perempuan muda itu pada bulan lalu dinyatakan Orang Dalam Pengawasan (ODP) karena baru pulang dari Bekasi. Warga Kecamatan Senori wilayah selatan itu merupakan asli dari luar jawa yang menikah dengan warga setempat.

Saat ditetapkan sebagai ODP, perempuan itu dinyatakan sehat. Sehingga dibolehkan pulang. Namun saat Senin (20/4/2020) lalu saat menunggu proses persalinannya, dia mengalami sesak nafas. Hasil pemeriksaan dokter, dia dinyatakan menjadi PDP dan meninggal dunia. Hasil rapid test dia dinyatakan negatif. Namun hasil tes swab belum keluar hasilnya. Jenazahnya dikebumikan di pemakaman keluarga.

Data ringkasan Covid-19 Jatim

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo menegaskan total PDP yang meninggal dunia sebanyak 3 orang. Ketiganya belum dapat dipastikan Covid-19 atau tidak. Karena masih menunggu hasil swab. “Yang 2 belum keluar (hasil swab) yang 1 belum sempat swab sudah meninggal dunia,” katanya.

Gugus Tugas Covid-19 terus bekerja keras untuk menjanjikan fungsinya. Diantaranya menghimbau masyarakat untuk mematuhi ketentuan pemerintah. Serta melakukan upaya pemeriksaan di jalan raya.

“Ya terus melakukan motivasi masyarakat untuk pakai masker (karena sudah menurun). Jamngan keluar rumah bila tidak perlu. Jaga physical distancing, cuci tangan pakai sabun, taat isolasi. Kemudian pos pemeriksaan perbatasan dari 3 tempat (Widang, Bulu, Soko) ditambàh 3 lagi (Palang, Jatirogo, Parengan) katanya.

Berdasarkan data Rabu (24/4/2020) dari Gugus Tugas Covid-19, ODP Selesai Dipantau sebanyak 397 orang. PDP Negatif sebanyak 7 orang. PDP Meninggal sebanyak 3 orang serra positif Covid-29 meninggal dunia sebanyak 1 orang. NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos