Published On: Ming, Jun 29th, 2014

Bersih Makam Bentuk Penghormatan Dan Pengingat Kematian

Share This
Tags

JENU

PENGINGAT KEMATIAN : Kondisi makam besih dari semak belukar

PENGINGAT KEMATIAN : Kondisi makam besih dari semak belukar

seputartuban.com – Memasuki Ramadhan, kondisi pemakaman umum Islam bersih dari rumput maupun semak belukar. Karena para keluarga membersihkanya saat memasuki bulan puasa. Biasanya dengan ramai-ramai masyarakat gotong royong membersihkan makam desa.

Seperti yang terjadi di makam Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, dengan berbekal sabit dan alat pemotong lainya, masyarakat membersihkan area makam. Beberapa diantaranya datang dengan membawa makanan dan minuman untuk menghilangkan dahaga dan lelah. Kerukunan masyarakat sangat terasa dalam gotong royong ini.

Akhwanul Kirom (56), salah satu sesepuh warga setempat, Sabtu (28/6/2014), mengatakan tiap jelang puasa, warga islam banyak yang datang ke makam leluhurnya. Untuk bersihkan makam dan berdo’a untuk ahli kubur.

Hal ini sebagai pengingat dengan kematian bagi manusia yang masih hidup. Selain itu sebagai bentuk penhormatan kepada para leluhurnya. “Ini-kan pengingat untuk mendekatkan diri pada sang maha kuasa. Membersihkan itu kan sebagian dari iman. Budaya ini seharusnya bisa terus dilakukan,“ kata Kirom. HANAFI

Facebook Comments

About the Author