Published On: Rab, Des 13th, 2017

Bersama Kementerian PUPR, Semen Gresik Beri Sertifikasi Tukang Bangunan

seputartuban.com – Wujud kepedulian dan kemitraan terhadap profesi tukang bangunan di Cilacap, PT Semen Gresik bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) melasanakan Pelatihan dan Sertifikasi Tukang Bangunan bertajuk Edutrain Jago Bangunan. Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung Graha Pemuda Bercahaya dengan 200 peserta pada 11 sampai 12 Desember 2017.

Ribuan tukang bangunan sudah bersertifikat keahlian resmi atas kepedulian PT Semen Gresik

Kepala Biro Penjualan Wilayah II Semen Gresik, Moch Agus Arif, menjelaskan pelaksanaan pelatihan tersebut merupakan bentuk apresiasi Semen Gresik kepada para tukang bangunan sebagai salah satu pelanggan. “Kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing mereka,” kata Agus Arif.

Dengan berbekal sertifikasi resmi yang dikeluarkan oleh Lembaga Penyedia Jasa Konstruksi (LPJK) yang digandeng PT Semen Gresik, kompetensi tukang bangunan akan lebih dihargai. Diharapkan memberikan dampak kemudahan terhadap mereka untuk memperoleh pekerjaan dalam pelbagai skala.

Persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) juga akan mengancam mata pencaharian para tukang bangunan lokal. Jika mereka tidak dibekali dengan kompetensi dan sertifikasi, maka akan sulit memenangkan persaingan memperoleh pekerjaan.

Semen Gresik sebelumnya juga telah mengadakan kegiatan serupa di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumbawa.  Kegiatan rutin  sejak 10 tahun lalu itu telah melatih 6.721 orang tukang bangunan bersertifikat.

” sejak tahun 2006 sampai dengan saat ini kami mampu memperoleh anggota komunitas tukang sebesar 19.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia, dan sebanyak 6.850 di antaranya telah tersertifikasi,” imbuhnya.

Semen Gresik juga turut menyumbang pendapatan negara dan salah satunya digunakan untuk pembangunan nasional, termasuk di daerah Jawa Tengah. Di samping itu, berbagai proyek monumental di Jawa Tengah seperti jalan tol Semarang-Batang, jalan tol Semarang-Salatiga, PLTU Tanjung Jati Jepara juga menggunakan produk Semen Gresik. Semen Gresik mampu mendominasi pasar Cilacap dengan penguasaan pasar sebesar 40% dan mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 7,5% pada kuartal III 2017 relatif terhadap periode yang sama tahun lalu. RLS/Nal

Facebook Comments

About the Author