Published On: Sun, May 19th, 2013

Berkat Ketekunan, Jadi Jawara Lomba Karya Tulis Kepemimpinan

Share This
Tags

MERAKURAK

TERBAIK : Ryan Oktaviana saat dimintai naik ke panggung oleh pembawa acara

TERBAIK : Ryan Oktaviana saat dimintai naik ke panggung oleh pembawa acara

seputartuban.com – Ryan Oktaviana (15), warga Kelurahan Baturetno, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Menjadi juara 1 lomba menulis dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Yang diselenggarakan PT. Semen Indonesia, Minggu (19/05/2013).

Sisiwi kelas 8 SMP N 1 Tuban itu menjadi juara 1 lomba Karya Tulis  dalam tema Pemimpin Indonesia Dengan Empaty. Sebuah tulisan yang mengisahkan pemimpin yang bersahaja. Memimpin dengan cara empaty atau lebih mementingkan keperluan rakyat. Alasannya, menjadi pemimpin itu yang memilih juga rakyat. Sehingga berkewajiban mementingkan untuk mengurusi rakyat.

Dalam pesan karyanya mengatakan, seorang pemimpin harus sadar dengan apa yang dimiliki. Bukan sadar dengan apa yang capai. Semua itu adalah amanah dan bukan lahan serakah. Ryan yang saat ini hanya tinggal bersama ibunya, Sri Hari Utami, membuat tulisan itu untuk menggugah terhadap pemimpin agar mendengarkan aspirasi rakyat. Tidak selalu sibuk dengan memperkaya diri dan gengsi saja.

SUKSES : Ryan Oktaviana menunjukkan piala dan piagamnya

SUKSES : Ryan Oktaviana menunjukkan piala dan piagamnya

Menurut anak yatim ini, kalau semua pemimpin empaty akan selalu mendahulukan kebutuhan rakyatnya. bukan sebaliknya, pengangguran meluas, dan kemiskinan meningkat. Awalnya dia mulai suka menulis sejak kelas 3 Sekolah Dasar (SD). Hobi menulis berawal saat dia seringnya membaca berita di media Televisi, cetak hingga Online. Kesukaannya, mulai berbuah dengan menjuarai beberapa event perlombaan tingkat sekolah sampai tingkat kabupaten.

Saat ditemui di belakang panggung, usai memperoleh juara 1 lomba karya tulis dirinya berharap akan selalu memperoleh kesempatan menuangkan karyanya. Dan Pemkab Tuban bersama PT. Semen Indonesia memberikan kesempatan pada dirinya. “Kalau lagi kurang semangat begitu sulit mencari inspirasi. Terkadang juga saya harus mencari inspirasi dengan membaca karya penulis yang bagus, ” ujarnya.

Ibu Nana nama sapaan Ryan Oktaviana , Sri Hari Utami (48) dirinya mengasuh anaknya agar terus belajar dengan tekun untuk hobi menulisnya. Terkadang dirinya merasa kasihan terhadap Nana. Karena setiap hari terus menulis sampai berjam-jam. “apapun hobinya selagi positif akan saya dukung. Terkadang saya kasian, kalau belajar sampai malam, ” ungkapnya.

Diketahui dalam lomba tersebut, juara 2 yang diraih oleh Latif Wahyudi dan juara 3 disabet Afika Nur Oktafia keduanya dari dari SMP N 4 Tuban. (han)

About the Author