Published On: Kam, Okt 20th, 2016

Berkah Jukir Haul Sunan Bonang Bagi Warga 2 Kelurahan

TUBAN

seputartuban.com – Haul Sunan Bonang ke 507 menjadi berkah bagi warga Kelurahan Kutorejo dan Warga Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tuban. Mereka dapat meraup rezeki karena membuka jasa parkir untuk peziarah. Sejak Kamis, (20/10/2016) pagi mereka sangat sibuk karena banyaknya peziarah yang datang dari dalam maupun luar kota.

LARIS MANIS : Para jukir di kawasan Makam Sunan Bonang meraup untuk banyak menerima penitipan sepeda motor peziarah

LARIS MANIS : Para jukir di kawasan Makam Sunan Bonang meraup untuk banyak menerima penitipan sepeda motor peziarah

Pujiono (42), warga Rt 02 Rw 03 Kelurahan Sidomulyo ini contohnya, ia terpaksa harus melayani parkir hingga didepan toko yang tutup disebelah rumahnya. Karena halaman rumah sudah penuh terparkir sepeda motor milik para peziarah.

“Biasanya sih kalau enggak ada acara kaya gini saya bekerja serabutan. Berrhubung minggu minggu ini nganggur ya ikut buka parkir. Lumayan hasilnya buat tambahan beli beras,” terangnya disela-sela kesibukan. Kamis, (20/10/2016) siang.

Ia bersama warga lainya yang mendadak jadi Jukir mematok biaya parkir sebesar Rp 5000,-. Nominal tersebut berlaku untuk waktu parkir kendaraan selama 24 jam. Dengan garansi bahwa jika kendaraan yang diparkirnya hilang, ia bersedia menggantinya sesuai dengan harga semestinya.

Selain memberikan garansi aman, biaya parir  dirasa wajar, menurutnya hal itu karena kegiatan Haul seperti ini hanya terlaksana setahun sekali. “Itu sudah kesepakatan bersama dengan warga yang lain, saya rasa ditempat parkir lainya pun harganya ya akan sama. Karena ini kegiatannya cuma setahun sekali,” lanjutnya.

Senada juga disampaikan Khasrun (38), warga setempat bahwa tahun ini merupakan tahun ketiga dirinyamembuka jasa parkir. “Yang jaga ya gantian mas, saya kebagian pagi sampai siang jam 2. Setelah itu kakak saya sampai sore,” lanjutnya terpisah.

Karena jarak rumahnya dengan rumah kakanya hanya berjarak beberapa meter, menjadikan pekarangan rumah keduanya cukup luas. Ia memperkirakan bahwa lahan pekarangan itu cukup untuk ditempati sepada motor hingga 400 unit dalam waktu bersamaan.

Sedangkan hasil dari seluruh keuntungan parkir, sesuai dengan kesepakatan akan didonasikan sebesar 10 Persen. Besaran itu dibagi untuk  Kas RW sebesar 5 persen, dan 5 persen sisanya akan didonasikan untuk menunjang kegiatan Karang Taruna setempat. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author