Published On: Kam, Jun 27th, 2013

Belum Dilantik, BPD Terpilih Akan Gugat Bupati

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Sejarah baru akan terukir di Kabupaten Tuban. Sejak menjabat tahun 2011, Bupati Tuban, Fathul Huda belum ada yang  berani menggugat. Kali ini anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Mergosari, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, akan menggugat Bupati Tuban karena dianggap melawan hukum.

palu sidangGugatan ini dilayangkan 4 orang dari 5 anggota BPD terpilih. Yakni Ahmad Syafi’i (41), Samsul Hadi (47), Ali Sunarso (29) dan Muhammad So’im (40). Sedangkan Siti Choirin seorang anggota BPD terpilih lainya tidak ikut menggugat.

Melalui kuasa hukum ke-empat anggota BPD Terpilih, Sujono Ali Mujahidin SH. MH saat dikonfirmasi di Pengadilan Negeri Tuban (PN), Rabu (26/06/2013) mengatakan materi gugatan sudah selesai dibuatnya. Dan rencananya Kamis (27/06/2013) akan di daftarkan resmi ke PN Tuban.

Dalam materi  gugatanya, Bupati Tuban, Camat Singgahan dan Panitia Pemilihan BPD Desa Mergosari dianggap sudah melawan hukum. Karena tanpa alasan jelas, tidak melantik BPD terpilih.  “kenapa tanpa alasan jelas tidak dilantik. Padahal klien saya sudah terpilih,” jelas Sujono Ali.

Ketiga tergugat diminta membayar denda materiil dan imateriil sebesar Rp. 2 milyar. “alat bukti kita sudah cukup dan seharusnya Pemkab segera bereaksi dengan mendengar fakta. Segera mendorong Camat,” tegasnya.

Terpisah, Kabag Humas dan Media Pemkab Tuban, Sulistyadi saat dikonfirmasi enggan berkomentar bantak masalah ini. Namun Pemkab Tuban mengganggap jika menggugat Bupati merupakan tindakan yang salah alamat. Karena wewenang sepenuhnya soal BPD adalah Panitia BPD dan Camat Singgahan. “Tidak apa-apa, sebenarnya yang berhak adalah panitia. Itu sebenarnya tidak porsinya kalau menggugat Bupati, “ tegasnya. (nal)

Facebook Comments

About the Author