Published On: Sen, Jun 11th, 2012

Belasan Ribu Pengunjung Hadiri 100 Hari Mbah Faqih

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin

WIDANG

TUBAN – Puncak acara peringatan 100 hari meninggalnya KH. Abdullah Faqih, Pengasuh Ponpes Langitan, Widang, Tuban, Minggu (10/06/2012) tetap menarik simpati masyarakat untuk berbondong-bondong mendo’akan kyai kharismatik ini.

Berdasarkan perhitungan panitia kegiatan, setidaknya sekitar 15.000 warga menghadiri acara ini mulai dari kalangan alumni dan masyarakat yang dating dari berbagai daerah.

Acara yang dimulai sejak Sabtu (09/06/2012) lalu  dengan pembukaan dari KH Ubaidillah Faqih dilanjutkan dengan pembacaan alqur’an 30 juz. Dilanjut pada Minggu (10/06/2012) ziarah santri pada pagi hari dimakam Syaikhina Abdullah Faqih dan pada sore harinya dilanjutkan para tamu dan alumni dengan tahlil dipimpin oleh KH. Maghfur Bisry.

Kemudian pada minggu malam acara kembali dilanjutkan pembacaan yasin berjama’ah dengan dimpimpin oleh KH. Munawwir Munajat dari Salatiga dan Tahlil dipimpin oleh Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf  dari Pasuruan.

Sedangkan yang mewakili keluarga sekaligus menceritakan perjuangan semasa hidup Almaghfurllah KH. Abdullah Faqih adalah KH. Sholahuddin Wahid dari Jombang. Sedangkan ceramah (Mauidhoh) disampaikan oleh dua habaib. Yakni Habib Jindan bin Noval bin Salim bin Jindan dari Jakarta dan Habib Abu Bakar bin Hasan bin Assegaf.

Sedangkan do’a dimpimpin oleh Habih Ali bin Husein Al-Hadad dan KH. Sholeh Qosim  serta Habib Luthfi bin Yahya dari Pekalongan.

Salah satu panitia kegiatan, Muhammad Sholeh mengatakan bahwa semua undangan yang disampaikan kepada alumni, habaib, kyai dan pejabat nampak dipenuhi kehadiranya.

“semua kyai dan habaib yang diundang semua hadir. Dan Alhamdulillah meski hujan beliau-beliau serta masyarakat tetap hadir demi kyai,” jelasnya.

Senada disampaikan Saiful Huda M, yang juga panitia pelaksana kegiatan mengatakan selain alumni dan masyarakat juga hadir Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Kapolres Tuban dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Sementara itu, peringatan 100 hari KH Abdullah Faqih ini tetap dijaga aparat dari Polres Tuban untuk antisipasi membeludaknya hadirin. Setidaknya 50 anggota Satlantas diterjunkan kelokasi untuk menjaga kelancaran arus lalulintas Pantura. Dan 20 personil dari Polsek Widang untuk mengamankan kawasan Ponpes.

Diketahui, KH. KH Abdullah Faqih tutup usia pada Rabu 29 Pebruari silam dirumah duka sekitar pukul 18.30 WIB.  Dan jenazah kyai sepuh ini di makan umum Dusun Mandungan desa setempat.

Foto : Para Habaib dan Kyai saat acara 1oo hari KH Abdullah Faqih

Facebook Comments

About the Author