Published On: Sel, Jun 11th, 2013

Bedah Kampung Kemensos RI Di Tuban Capai Rp. 1 Milyar

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Kementrian Sosial RI mencanangkan bedah rumah sebanyak 100 unit yang tersebar di 2 kecamatan, Kabupaten Tuban. Masing-masing rumah didanai Rp. 10 juta.

Mensos dan istri

Menteri Sosial RI, Salim Segaf Al Jufri beserta istrinya saat berkunjung di kawasan Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri melalui Kepala Biro Humas Kemensos RI, Beni Nugroho, Senin (10/06/2013) malam. Dikatakan Kemensos sudah mencanangkan program bedah desa. Sebanyak 100 unit rumah warga miskin akan direhab.

Lokasinya terdapat 2 kecamatan. Yakni 50 unit rumah di Desa Glagahsari, Kecamatan Soko dan 50 unit lainya di Desa Latsari, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Program ini merupakan program Kemensos RI untuk pengentasan kemiskinan.

Program bedah kampung ini diawali dari hasil pengajuan proposal langsung dari warga, melalui Dinas Sosial, Kabupaten Tuban. Kemudian proposal langsung diserahkan ke Kemensos RI. Kemudian akan dilakukan pemeriksaan langsung. Mulai dari kepemilikan hak tanah sampai keadaan bangunan rumah. Apabila sudah masuk dalam kreteria, akan langsung diberikan rekomendasi untuk direnovasi.

Penyaluran dana masing-masing rumah Rp. 10 juta akan langsung memberikan terhadap pemilik rumah. Sehingga untuk 100 unit rumah yang akan dibedah se – Kabupaten Tuban membutuhkan biaya sejumlah Rp. 1 Milyar.

“Katanya ada dari PT. Semen Gresik (Semen Indonesia) siap membantu dan menopang. Pemberian dana itu stimulan, bukan untuk konsumsi pemilik rumah. Yang penting bedahnya dinding, tanah dan atap. Kita parameternya hanya rumah saja, karena itu ukuran kemiskinan,” ungkapnya.

Pelaksanaan program ini dilakukan secara gotong royong. Untuk meningkatkan kepedulian dan kearifan lokal. Dan akan dibantu oleh relawan sosial dan unsur organisasi seperti Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). (han)

Facebook Comments

About the Author