Published On: Jum, Okt 25th, 2019

BAZNAS Kembangkan Batik Ramah Lingkungan

seputartuban.com, TUBAN – Bupati Tuban, Fathul Huda bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat dan Provinsi Jawa Timur meluncurkan Eco Fashion Community (EFC) ‘Putri Berdikari Batik’ di desa Sumurgung, Tuban, Kamis (24/10/2019).

BERDAYA : Para perempuan pembatik bahan alami saat ditinjau kegiatannya oleh Bupati Tuban dan Baznas

Perwakilan dari Baznas Pusat, Nana Mintarti, menjelaskan program EFC ini merupakan program pemberdayaan masyarakat dengan konsep Zakat Community Development (ZCD). Dalam Program ini yang ditujukan kepada pengrajin batik di Desa Sumurgung dengan penerima sebanyak 30 Kepala Keluarga (KK).

“Semoga program ini dapat memberdayakan masyarakat yang semula Mustahiq (orang-orang yang berhak menerima zakat) menjadi Muzakki (orang yang dikenai kewajiban membayar zakat atas kepemilikan harta),” katanya.

Dalam menjalankan program ini, pihaknya bekerja sama dengan Sahabat Pulau untuk memberi pendampingan bagi masyarakat tentang budidaya tanaman sebagai pewarna batik. “Konsep pengrajin batik ramah lingkungan ini dapat dikembangkan di wilayah lain dan menjadi salah satu ikon Kabupaten Tuban,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tuban Fathul Huda menegaskan program yang diadakan oleh Baznas selaras dengan kebijakan Pemkab Tuban. Yakni upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di Tuban Bumi Wali.

“Program ini kedepan bisa menjadi stimulan bagi masyarakat untuk terus berdaya dan mengembangkan ekonominya. Dan program pemberdayaan masyarakat ini dapatnya dikelola dengan profesional sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga,” harapnya.

Lanjut Bupati, terkait dengan konsep pengrajin batik ramah lingkungan merupakan langkah tersebut dapat mengurangi limbah selama proses produksi batik. Sisa tumbuhan yang digunakan sebagai pewarna alami dapat diolah kembali menjadi kompos. “Sehingga dapat mengatasi pencemaran lingkungan yang mungkin muncul,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos