Published On: Ming, Agu 19th, 2012

BAZ Tuban Masuk Nominasi Terbaik Nasional

Share This
Tags

Penulis : Muhamin

TUBAN

seputartuban.com – Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Tuban masuk sebagai 5 diantara nominasi terbaik nasional versi Institute Manajemen Zakat. Penilaian ini lantaran dinilai pertumbuhan pengelolaan zakat mengalami peningkatan tiap tahunya.

Kepala Seksi Zakat dan Wakaf (ZAWA) Kementrian Agama Kabupaten Tuban, Umi Kulsum mengatakan BAZ Tuban menjadi nominator bersama BAZ Provinsi Yogyakarta, BAZ Kota Makasar, BAZ Kabupaten Boyolali, dan BAZ Kabupaten Wonosobo.

“Kita sudah diminta laporan keuangan pengelolaan zakat mulai tahun 2007 sampai tahun 2011. Dan kita akan mendapatkan award,” jelasnya.

Untuk tahun 2012, BAZ Kabupaten Tuban mampu mengumpulkan zakat dan infaq dari para pemberi zakat (Muzakki) sebanyak lebih dari Rp. 300 juta lebih,”itu sudah dari kecamatan juga. Dan semuanya dibagi lagi ke para mustahik zakat. Bahkan dari tiap pendapatan BAZ Kecamatan dibagi sendiri-sendiri dan masih ditambahi dari Kabupaten masing-masing Rp. 5.300.000,” jelas Umi.

Lebih lanjut, Kasi Zawa yang juga Ketua PC. Fatayat NU Tuban ini mengharapkan semua pihak yang terlibat agar bersedia meningkatkan kesadaran masyarakat. “BAZ Tuban baru mengelola dari PNS saja, itupun belum semuanya. Dan menurut saya aturanya perlu dirubah karena itu aturan tahun 2005, selama ini infaqnya untuk golongan I Rp. 1.000, golongan II Rp. 2.000, golongan III Rp. 3.000 dan golongan IV Rp. 4.000 masih sangat kecil,” harapnya.

Foto : Ilustrasi www.amaliah-astra.com

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos