Published On: Kam, Sep 6th, 2012

Baru Satu Parpol Yang Diverifikasi KPUD

Share This
Tags

Penulis: Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Dari 21 partai politik (parpol) yang sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat baru 1 parpol yang mendaftar di KPU Kabupaten Tuban. Adapun yang mendaftar baru partai Nasdem, sedangkan yang lainnya belum.

Dalam melakukan verifikasi pihak KPU Tuban bertugas untuk melakukan verifikasi kelengkapan data administrasi parpol dengan batas waktu 35 hari setelah penyerahan berkas. Divisi Pendaftaran Pemilih dan Teknis KPUD Kabupaten Tuban, Yayuk Dwi Agus S, saat dikonfirmasi seputartuban, Rabu (05/09/2012) dikantornya menjelaskan bahwa pihaknya selain memverifikasi berkas Kartu Tanda Anggota (KTA) Parpol juga melaporkan parpol yang sudah diverifikasi ke KPU Pusat.

Diketahui bahwa untuk pendaftarn di KPU Tuban, sampai tanggal 7 September, namun menurut keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) bisa diperpanjang hingga tanggal 29 september 2012. Adapun untuk syarat pendaftaran, parpol yang akan mengikuti pemilihan pada tahun 2014.

Untuk tingkat Propinsi harus memiliki kepengurusan tingkat cabang atau daerah sebesar 75% dari seluruh Kabupaten yang ada. Sedangkan untuk keanggotaan Parpol tingkat Kabupaten/Kota sedikitnya harus memiliki 1.000 anggota. “Untuk propinsi jawa timur, parpol harus mempunyai anggota di 27 kabupaten, dihitung dari 75% dikalikan 38 Kabupaten atau kota. Begitupun tingkat Kabupaten,” katanya.

Sedangkan untuk pemilihan Kabupaten harus mempunyai anggota di 50% dari jumlah Kecamatan di kota tersebut. Apabila syarat tersebut tidak dipenuhi maka tetap namun tidak bisa menjadi parpol peserta pemilu. “Kalau di kabupaten itu, parpol belum diverifikasi maka tidak bisa jadi dewan, karena yang berhak memutuskan hanya KPU pusat, KPU kabupaten hanya mengecek kelengkapan saja,” tambahnya.

Sementara itu, jajaran pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Tuban yang datang ke kantor KPUD untuk mendaftarkan diri belum dapat diverifikasi. Karena sejumlah kelengkapan adminsitrasi belum dapat dipenuhi. Sehingga diberikan waktu hingga batas waktu 29 September mendatang.

Foto : Pengurus DPC Partai Demokrat saat mendatangi KPUD Kab. Tuban

Facebook Comments

About the Author