Published On: Jum, Feb 19th, 2016

Baru 12 Sekolah Laksanakan UN Online 2016

TUBAN

Ilustrasi Ujian Manual

Ilustrasi Ujian Manual

seputartuban.com – 12 sekolah di Kabupaten Tuban siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang sibut juga Computer Based Test (CBT). Adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban, Sutrisno mengatakan bahwa untuk melaksanakan UNBK memerlukan anggaran yang sangat besar. Yakni untuk pengadaan komputer, sehingga tidak semua sekolah dapat mengikuti UN online itu. “Kita terkendala anggaran untuk pengadaan perangkatnya.” Ungkapnya, Kamis (18/2/2016) siang.

Salah satu contohnya, SMPN 1 dan SMPN 3 Tuban dapat mengikuti UNBK karena masing-masing telah mendapatkan bantuan 60 unit komputer dari Pemkab Tuban. Dengan anggaran Rp. 1,3 miliar dari APBD 2015. Mahalnya peralatan itu jelas menjadi kendala, semua sekolah dapat dianggarkan secara bersamaan. Sehingga dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan sejumlah aspek.

Sekolah tidak hanya membutuhkan perangkat komputer untuk UNBK, namun juga sarana prasarana pendukung lainya. “Kita akan berikan bantuan pengadaan komputer untuk UNBK secara bertahap, bila kita hanya fokus UNBK maka yang lainya akan terbengkalai,” sambungnya.

Sehingga pada UN 2016 ini hanya 12 sekolah yang melaksanakan UNBK. Yakni 9 SMKN, SMAN 1 Tuban, SMPN 1 Tuban dan SMPN 3 Tuban.

Sutrisno menghimbau agar sekolah tidak memungut biaya UN dari siswanya, karena sudah ditanggung pemerintah. Jika masih ada yang nakal menarik biaya, diminta melaporkan dan akan ditindak tegas. “Bila ada Kepala Sekolah yang melakukan pungutan biaya ujian akan kita berikan sanksi tegas,” tegas Sutrisno.

Diketahui, jumlah siswa tingkat SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Tuban yang akan mengikuti UN sebanyak 19.352 siswa. Dengan rincian siswa SMP berjumlah 10.964 siswa, siswa SMA berjumlah 3.533 siswa, dan siswa SMK berjumlah 4.855 siswa. MUHLISHIN

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author