Published On: Ming, Sep 4th, 2016

Bapemas Menunggu Pengajuan Anggaran Pilkades Serentak Dari Panitia Desa

TUBAN

seputartuban.com – Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan KB (Bapemas pemdes dan KB) Kabupaten tuban masih menunggu pengajuan dana pemilihan kepala desa (Pilkades) dari panitia desa. Hingga saat ini belum ada berkas pengajuan dana sesuai yang sudah ditentukan.

pilkadesKepala Bapemas Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi, mengatakan bahwa berkas pengajuan yang sudah diterimanya dikembalikan ke panitia desa. Dikarenakan masih banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

Dia melanjutkan, bahwa ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi seperti tidak melampirkan fotokopi rekening desa untuk pencairan, kuitansi hingga tidak melampirkan rancangan anggaran Pilkades. “Kami sampaikan ke mereka, bahwa masih banyak persyaratan yang harus dipenuhi,” ujar Mahmudi, kemarin.

Pedoman pengajuan anggaran tersebut termuat dalam peraturan daerah Nomor 26 Tahun 2016 tentang Biaya Pemilihan Kepala Desa. “Jauh jauh hari kita sudah sosialisasikan ke mereka. Termasuk apa saja persyaratan untuk pengajuan anggarannya,” tegasnya.

Dia menghimbau, untuk pihak panitia penyelenggara Pilkades serentak agar segera melakukan revisi dan untuk diserahkan kembali pengajuannya ke Bapemas. Selain itu, pihaknya juga akan memeriksa kembali berkas yang sudah direvisi tersebut. Setelah benar, akan diajukan ke Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Tuban untuk pencairan dana Pilkades.

Kepada panitia desa dihimbau agar segera mengajukan atau menyerahkan berkas hasil revisi tersebut. Mengingat waktu pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini semakin dekat, yakni 8 Desember 2016. Mahmudi menyampaikan, baru ada 12 desa yang sudah mengajukan anggaran dari total 36 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak. Itupun dari semua yang sudah mengajukan, berkasnya perlu dilakukan perbaikan.

Sementara itu, untuk menunjang pelaksanaan Pilkades tersebut Pemkab menyediakan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar. Dana tersebut akan diberikan kepada masing-masing desa sebesar Rp. 10 juta dan terhitung Rp 7.500 per suaranya. Maka, besaran anggaran pilkades serentak ditentukan besaran daftar pemilih tetap di masing-masing desa. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author