Published On: Rab, Feb 10th, 2016

Banjir Bengawan Solo Merendam Pemukiman Warga

SOKO

LANGGANAN : Banjir luapan sungai bengawan solo sudah menggenangi jalan poros desa, area persawahan dan pemukiman warga

LANGGANAN : Banjir luapan sungai bengawan solo sudah menggenangi jalan poros desa, area persawahan dan pemukiman warga

seputartuban.com – Meningkatnya Debit air sungai bengawan Solo 3 hari terakhir ini menyebabkan beberapa wilayah dikabupaten Tuban mulai terdampak. Selasa (09/02/2016) pagi, luapan sungai benagawan solo tersebut sudah menyebabkan tiga kecamatan terdampak rendaman banjir.

Pemukiman  warga Desa Glagahsari, Kecamatan Soko Kabupaten Tuban sejak Pukul 03:00 WIB hingga berangsur angsur meningkat hingga mengakibatkan jalan Poros Desa setempat terendam. “Untuk jumlah rumah yang terdampak banjir ini seluruhnya 7 rumah warga dengan kedalaman sekitar 80 cm, 1 bangunan Sekolah Dasar,  3 tempat pemakaman, dan 51 hektar tanaman padi dengan usia tanam 28 hari,” jelas Kepala Desa Glagahsari, Suyitno saat ditemui dikantornya. Selasa (09/02/2016) siang.

Selain didesa tersebut, luapan sungai bengawan solo juga sudah meluber ke beberapapa desa lain. Diantaranya Desa Kenongosari, Desa Pandanwangi dan Desa Sandingrowo kecamatan setempat. Selain merendam jalan poros desa juga lahan pertanian warga.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiono memperingatkan masyarakat yang tinggal dibantaran sungai bengawan solo agar waspada. “Diperkirakan untuk luapan sungainya terus meningkat meski di daerah hulu debit airnya sudah menunjukkan penurunan,” terangnya.

Penurunan debit sungai bengawan solo dari hulu tidak terlalu berpengaruh karena Tuban mendapat kiriman banjir dari kawasan Madiun dan Bojonegoro. “Diperkirakan untuk banjir yang diakibatkan luapan sungai bengawan solo ini akan lama surutnya karena 3 faktor. Diantaranya pertengahan Pebruari hingga Maret ini adalah puncaknya curah hujan tinggi. Ditunjang kondisi pasang surut air laut yang terus bertambah tinggi serta banjir kiriman dari anak sungai yang bermuara dibengawan solo,” tegasnya.

Diketahui, selain diwilayah Kecamatan Soko, luapan sungai bengawan solo saat ini sudah meluap di Desa Kanorrejo dan Desa Karangtinoto Kecamatan Rengel. Serta Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang.

Seluruh daerah terdampak tersebut beberapa diantaranya belum memiliki bangunan tanggul dibibir bengawan. Serta lainya karena terletak didalam area tanggul. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author