Published On: Ming, Sep 23rd, 2012

Bambu Cinta Tumbuh Subur Tanpa Menyentuh Tanah

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

SEMANDING

seputartuban.com РBambu unik tumbuh subur didepan rumah milik Nyoto (30) Dusun Njarum, Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding.  Bambu ini tergolong unik, pasalnya akar bambu tersebut tidak lagi menyentuh tanah. Dan tetap tumbuh subur hanya dengan ditopang sebatang bambu berukuran diameter 2 cm yang sudah kering.

Bambu ini tumbuh 8 tahun lalu didepan rumah bapak 2 anak itu. Kemudian karena akan membangun rumah, dan toko, semak bambu itu dipotongi. Dan disisakan 1 pohon bambu, yang sekarang tumbuh bersemi menjadi 28 batang bambu menyubur. “Dulu itu barongan (semak bambu), terus saya potong dan saya sisakan 1 pohon itu, malah sekarang merebak malah jadi banyak,” ungkapnya.

Nyoto kepada seputartuban, Minggu (23/09/2012) mengatakan bahwa jarak antara semaian bambu dengan tanah sekitar 1,5 Meter. Untuk menjaga bambu agar tetap berdiri, dihubungkan dengan kayu penyangga yang tersambung dengan blandar teras rumah. “Sudah saya tahan dengan kayu teras diatasnya, agar tidak runtuh. Karena batang bambunya sudah kering dan tidak mampu menahan semaiannya,” tuturnya.

Sejak tahun 2004 lalu, bambu unik ini sudah banyak membuat sejumlah kolektor bambu unik menawarnya untuk dibeli. Lebih dari 10 pembeli yang menawarnya dengan harga variatif, namun Suami Siti Maslikhah itu menolaknya. ” Baru kemarin ditawar Rp. 1 juta, saya tidak berniat menjual ya. Banyak yang mempercayainya bahwa bambu ini, bambu cinta,” lanjutnya.

Tarmuji (22) warga setempat, mengatakan bila pemuda mengambil daun dan menuliskan nama pasangannya dipercaya bisa menjadi jodoh. “Terkadang bila tidak jodoh daunnya cepet kering, tapi itu juga hanya mitos, tapi banyak yang membuktikan, ” ungkapnya.

Foto : Bambu yang tetap tumbuh subur meski tidak menyentuh tanah

Facebook Comments

About the Author