Published On: Jum, Des 18th, 2015

Bahaya !!! di Tuban Banyak Mamin Kadaluwarsa Beredar

TUBAN

Sidak : Petugas gabungan saat memeriksa dagangan penjual di Pasar Baru Tuban, Kamis  (17/12/2015)

Sidak : Petugas gabungan saat memeriksa dagangan penjual di Pasar Baru Tuban, Kamis (17/12/2015)

seputartuban.com – Petugas gabungan lintas instansi, Kamis (17/12/2015) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) makanan dan minuman (Mamin) disejumlah pusat perbelanjaan dan pasar. Hasilnya petugas menemukan produk kadaluwarsa yang masih dijual.

Petugas gabungan Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar), Dinas Kesehatan, BPOM dan Sat Pol PP melakukan Sidak Mamin. Hal ini dilakukan liburan panjang Natal dan tahun baru 2016.

Dalam sidak tersebut ditemukan produk yang tidak layak konsumsi . Yakni mie instan, mie telur, sambal, bumbu dapur dan sosis. Sedangkan jenis produk yang kemasannya rusak kebanyakan adalah makanan ringan atau snack dan roti.

Target Sidak itu selain produk kadaluwarsa, kemasan rusak dan juga tanpa label. “Ini merupakan kegiatan rutin Disperpar. Tiap menjelang Liburan panjang seperti saat lebaran, natal, tahun baru dalam rangka mengantisipasi sesuatu yang merugikan konsumen,” kata Kabid Perdagangan, Disperpar, Bimo Setyo Aji.

Dia menjelaskan, sidak tersebut selain dalam rangka perlindungan konsumen juga sebagai pembinaan kepada pedagang. Serta menghimbau pedagang agar hati-hati dalam menerima produk atau barang dari distributor. Selain itu pemisahan produk Mamin dan detergen harus dilakukan penjual.

“Beberapa barang yang tidak layak diperjualkan selain sebagian kita tarik. Kita juga sarankan untuk dikembalikan atau ditukar ke distributor jika perlu,” tegasnya.

Pusat perbelanjaan yang menjual tidak sesuai ketentuan diberikan pembinaan dan teguran. Sedangkan jika mereka dijerat UU Pangan atau tidak, tergantung Polisi. , “jika nantinya ada yang sampai ke ranah hukum kita serahkan ke kepolisian,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author