Published On: Rab, Agu 1st, 2018

Bacaleg Banyak Belum Penuhi Syarat

seputartuban.com, TUBAN – Pendaftaran untuk Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Pemilihan Anggota Legilsatif 2019, dibuka mulai tanggal 4 juli sampai 17 juli 2018 lalu. Seluruh Partai Politik (Parpol) peserta pemilu telah mendaftarkan kadernya untuk bertarung dalam pesta demokrasi mendatang.

SALAMUN

Data dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban, total Bacaleg sebanyak 617 orang. Setelah dilakukan verifikasi berkas pendaftaran ditemukan banyak yang belum memenuhi syarat. “Jadi rata-rata tiap Parpol itu ada kekurangan, dan  saat itu yang memenuhi syarat semua hanya PKB sebelum tanggal 21,” ungkap Komisioner KPUK Tuban Divisi Teknis, Salamun.

Setelah dilakukan verifikasi, bagi berkas Caleg yang belum memenuhi syarat dikembalikan ke Parpol-nya masing-masing untuk dilengkapi.  Dengan batas akhir pengembalian berkas tanggal (31/7/2018) pada jam 24.00 WIB.

Dan sampai batas waktu yang di tentukan oleh KPU D,Hanya satu parpol yang g tidak menyerahkan berkas perbaikan yaitu parpol Garuda.Dan nanti akan dilakukan   verifikasi dokumennya kalau ada yang sudah  Memenuhi syarat ( MS) atau Tidak.

“Kalau  dari berkas yang disampaikan dulu waktu pengajuan tidak ada yang memenuhi syarat (MS), ya otomatis gugur dalam ke ikutsertaan Pileg 2019,” imbuhnya.

Dari 617 Bacaleg selain partai PKB yang kurang persyaratannya, yang belum memenuhi syarat (BMS) ada 378 Bacaleg yang Memenuhi Syarat (MS) 239. Sebanyak 7 Kepala Desa ( Kades) yang mendaftar sebagai Bacaleg.

Untuk Bacaleg dari Kades, harus menyertakan surat pengunduran diri, surat pernyataan telah mengundurkan diri. Serta tanda terima surat pengunduran diri dari pejabat yang berwenang. “Setelah ini tanggal 1 Agustus sampai 7 Agustus 2018 ,kita verifikasi yang memenuhi syarat akan kita umumkan. DCS (Daftar Calon Sementara) diumumkan tanggal 12 Agustus sampai 14 Agustus 2018,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author