Published On: Rab, Feb 29th, 2012

Babinsa Baru, Kuatkan Nilai Gotong Royong Warga

Share This
Tags

Belum Sebulan, Serda Lamso Adakan Bersih Desa Tiga Kali

Penulis : Shohib

MONTONG

BABINSA Desa Bringin saat bersama warga melakukan gotong royong bersih desa

seputartuban.com – Peran Bintara Pembina Desa (BABINSA) nampaknya perlu digiatkan lagi. karena keberadaanya pasukan yang bersinggungan langsung dengan masyararakat ini memailiki peran penting dalam menjaga keutuhan NKRI.

Yakni dengan menjalankan fungsinya sebagai proteksi dan deteksi dini terhadap gangguan yang mengancam keutuhan negara. Hal ini dapat dilakukan dengan beragam cara, yaitu dengan cara mendekatkan diri kepada masyarakat setempat.

Hal ini seperti yang dilakukan BABINSA Desa Bringin, Kec. Montong, Tuban, Serda Lamso, meski belum sebulan dirinya bertugas sudah mampu menggerakkan warga binaanya untuk melakukan kegiatan bersih desa hingga 3 kali.

Selasa pagi (28/02/12), ratusan warga Desa Bringin tumpah ruah untuk melakukan kegiatan gotong royong bersih desa. Kali ini lokasinya adalah jalan lingkungan setempat dan dua makam umum desa.

Saat dilokasi acara, Sersan II Lamso mengatakan, kegiatan ini selain bermanfaat untuk menjaga kebersihan lingkungan desa juga sebagai ajang silaturahmi antar warga masyarakat guna terciptanya kerukunan dan kedekatan dalam satu lingungan pedesaan,” kegiatan ini tentu bertujuan untuk menjaga agar desa tetap bersih, namun disamping itu semua ini juga bisa sebagai pengerat silaturahmi antar warga. Dan ini adalah nilai moral yang dapat ditanamkan dari kegiatan ini,” Kata anggota Koramil Montong ini.

Selain membersihkan desa, kegiatan yang dimulai sekitar jam 7 pagi itu juga disertai dengan penanaman pohon di pinggir jalan dan persawahan. Jika hal ini dilakukan, maka peran BABINSA secara otomatis sudah jalan.

Yakni jika sudah dapat menggerakkan masyarakat untuk melakukan sebuah kegiatan positif  yang bersifat massal, secara otomatif petugas sudah dekat dengan masyarakat dan sudah mengetahui karakter masyarakat setempat karena dapat mempengaruhi untuk berbuat baik.

“ini bagian dari tugas saya mengabdi negara untuk serius membina wilayah saya. Awalnya warga memang susah, tapi setelah saya tiap minggu (libur) berkunjung ke warga Bringin dan komunikasi dengan pemerintah desa , semuanya dapat dilakukan dengan baik. Karena kalau kita pandai ngomong saja dan tidak melakukan prakteknya juga percuma,” ungkap bapak tiga anak ini.

 Sementara itu menurut Muhamad Muin (44), Kaur Umum dan Pemerintahan Desa Bringin  yang ikut terlibat dalam kerja bakti mengatakan, kegiatan semacam ini memang perlu dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lungkungan, serta kembali menumbuh kembangkan sifat gotong royong, peduli dan saling menghargai sesama.

“kegiatan seperti ini sangat perlu dilakukan, dan saya harap dalam kegiatan kerja bakti berikutnya warga masyarakat yang ikut kerja bakti lebih banyak lagi, karena masyarakat juga sangat senang dengan kegiatan ini. Dan memang baru kali ini sejak lama ada kegiatan ini,” katanya.

Facebook Comments

About the Author

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. wong deso berkata:

    seharusnya yang ikut kerja bakti bukan hanya orang orang tua saja, alangkah baiknya generasi muda juga ikut andil dalam urusan gotong royong {kebersihan lingkungan }

  2. Wong Koto berkata:

    paling yang muda gak kefoto,
    menurut saya, itu sudah sip, karna meski sudah usia lanjut juga ikut saling gotong royong.yang muda semangatnya juga harus bisa melebihi yang tua.

    I LOVE YOU KAKEK