Published On: Sel, Apr 12th, 2016

Babak Baru Pengelolaan Gua Putri Asih Dimulai

MONTONG

RESMI DIKERJASAMAKAN : Adm Perhutani KPH Parengan, Ketua Koperasi Wono Asih, Muspika Montong dan perwakilan LMDH Sumber Jati usai penandatanganan MOU di dalam Goa Putri Asih

RESMI DIKERJASAMAKAN : Adm Perhutani KPH Parengan, Ketua Koperasi Wono Asih, Muspika Montong dan perwakilan LMDH Sumber Jati usai penandatanganan MOU di dalam Goa Putri Asih

seputartuban.com – Goa Putri Asih tidak lama lagi benar-benar akan dioperasikan menjadi salah satu tujuan wisata  di Kabupaten Tuban. Senin (11/4/2016) para pihak terkait telah menandatangani nota  kesepahaman  pengelolaan wisata berbasis masayarakat itu.

Memorandum Of Undestanding (MOU) ditandatangani oleh tiga pihak yaitu Perhutani KPH Parengan, Koperasi Wono Asih, dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Jati Desa Nguluhan Kecamatan Montong. Pasca penandatanganan itu diharapkan segera dilakukan pembahasan Perjanjian Kerjasama dan pembangunan fasilitas sehingga tidak lama lagi dapat dilakukan soft opening dan masyarakat dapat menikmati wisata goa kars dengan beragam  fasilitas pendukungnya.

Dengan penandatanganan MOU itu pihaknya mempersilahkan Koperasi Wono Asih untuk memulai aktifitas persiapan pembangunan fasilitas wisata. “Saya berharap kerjasama paling ideal dalam konsep pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM) ini juga dapat memberikan dampak yang signifikan  terhadap ekonomi masyarakat,” ungkap Administratur KPH Parengan, Daniel Budi Cahyono.

Koperasi ini dibentuk oleh gabungan masyarakat Desa Nguluhan dan Desa Guwoterus Kecamatan Montong. “Konsepnya berbeda dengan sebelumnya baik dari manajemen maupun fasilitas wisatanya,” jelas Ketua Koperasi Wono Asih, Cipnal Muchlip M.

SEDERHANA : Suasana acara penandatanganan di dalam Goa Putri Asih

SEDERHANA : Suasana acara penandatanganan di dalam Goa Putri Asih

Camat Montong, Agus Wijaya yang hadir dalam acara itu menyampaikan bahwa Muspika maupun Pemkab Tuban sangat mendukung langkah bersama mengoperasikan Goa Putri Asih. “Kami sangat mendukung upaya bersama ini. Termasuk pencanangan desa wisata untuk peningkatan ekonomi masyarakat,”  katanya.

Hadir dalam kesempatan itu, jajaran Perhutani KPH Parengan, Camat Montong, Kapolsek dan Danramil Montong. Pengawas dan Pengurus Koperasi Wono Asih, Pemdes Nguluhan, Pengurus LMDH Sumber Jati serta Ketua AKD Kab. Tuban. Bahkan usai acara, Kapolres Tuban AKBP. Guruh Arif Darmawan juga hadir dan berkenan meninjau kondisi dalam goa. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author