Published On: Jum, Jun 10th, 2016

Awas !!! Wilayah Ini Rawal Begal Dan Jambret

TUBAN

seputartuban.com – Di wilayah Kabupaten Tuban terdapat sejumlah kawasan yang masuk kategori rawan kejahatan, khususnya Begal dan Jambret. Tersebar di 7 kecamatan berbeda di kawasan perkotaan hingga pinggiran dan pelosok kota Kabupaten.

Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati

Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati

Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati menyebutkan berdasarkan data di Mapolres Tuban dari kejadian kejahatan atau potensi kewilayahan. “Titik rawan yang pertama berada diwilayah Kecamatan Soko, Kecamatan Parengan, Kecamatan Singgahan, hingga Kecamatan montong. Sedangkan titik rawan kedua berada di wilayah Kecamatan Tuban, Kecamatan Semanding, dan titik rawan ketiga berada diwilayah Kecamatan Kerek, Kecamatan Merakurak,” katanya, Kamis (9/6/2016) pagi.

Aksi kejahatan yang terjadi pada masing-masing kecamatan tersebut hampir seluruhnya berada  di jalan raya, seperti arah Simpang empat Desa Pandanangung Kecamatan Soko menuju Desa Sugihwaras Kecamatan Parengan. Desa Parangbatu Kecamatan Parengan menuju Desa Kedungjambe Kecamatan Singgahan. Desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan menuju Desa Guwoterus Kecamatan Montong. Desa Montongsekar Kecamatan Montong menuju Desa Hargoretno Kecamatan Kerek. Serta pada benerapa jalan poros desa di wilayah Kecamatan Kerek menuju Kecamatan Merakurak

Sedangkan untuk Wilayah Kecamatan Tuban dan Kecamatan Semanding, masih dilakukan pemetaan lantaran kejadian ejahatanya masih berpindah-pindah. “Kami tidak dapat menyebutkan titik pastinya dimana, hal ini untuk menghindari agar para pelaku kejahatan tidak berupaya menghilang,” lanjutnya.

Sedangkan upaya saat ini yang sudah dilakukan Polres Tuban untuk meminimalisir kejadian diantaranya meningkatkan patroli secara intensif, terutama pada malam hari dengan petugas berseragam. Selain itu juga melibatkan petugas patroli berpakaian preman.

Elis menambahkan, masyarakat diminta saling meningkatkan kewaspadaan terutama saat melintas pada jalur-jalur sepi. Jika saat berkendara merasa ada yang mengikuti maka segerakan memacu kendaraanya dan berhenti ditempat keramaian untuk meminta perlindungan atau segera melaporkanya kepada petugas kepolisian setempat.

Diketahui, diseluruh wilayah Kabupaten Tuban. aksi pencurian disertai kekerasan tersebut biasanya terjadi pada pukul 02.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB, serta pada Pukul 21.00 WIB hingga Pukul 24.00 WIB. ”Data itu kami dapat dari laporana masyarakat,” pungkas Elis. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author