Published On: Ming, Jul 19th, 2015

Awas…!! Penipuan Modus Sebar Cek Palsu Memakan Korban

Share This
Tags

TUBAN

Cek Palsuseputartuban.com – Modus penipuan membuang dokumen yang berisi surat tanah, surat ijian usaha dan cek palsu memakan korban. Masyarakat ada yang percaya dokumen tersebut asli, lalu menghubungi nomor yang tertera dalam dokumen. Bukan uang yang diterima, justru ketipu hingga jutaan rupiah.

Wiraswasta Kecamatan Kerek ini mengaku menemukan dokumen di jalan setempat. Setelah dibuka amplop warna coklat tersebut berisi dokumen penting. Yakni surat tanah, surat ijin usaha domisili Kalimantan serta cek dengan tulisan nominal Rp. 2,7 miliar.

Meski nampak aneh, korban tidak memahaminya. Dalam dokumen tersebut tertera nomor ponsel yang dapat dihubungi ketika menemukan dokumen. Dijanjikan akan mendapat imbalan Rp. 100 juta.

Namun, setelah menghubungi nomor tersebut, korban diminta mengirimkan uang sebesar Rp. 4 juta, dengan alasan sebagai syarat agar bisa mengirimkan uang imbalan. “Saya baru sadar setelah transfer uang yang diminta itu,” keluhnya.

Setelah mengirimkan uang, korban tidak dapat menghubungi orang yang mengaku pemilik dokumen. Karena nomor ponsel sudah tidak aktif. Saat inilah pria paruh baya itu sadar dirinya menjadi korban penipuan.

Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP. Suharyono meminta agar masyarakat lebih waspada dan jangan mudah percaya. Bila menemukan dokumen atau apapun yang dijanjikan imbalan uang, harap segera melapor atau konsultasi ke Polsek terdekat.

“Jangan mudah percaya dan selalu waspada, sebab pelaku kejahatan sekarang banyak akal untuk menjalankan aksinya,” jelasnya, Kamis (16/07/2015).

Ditambahkan, saat ini banyak modus penipuan, seperti halnya melalui sms maupun telepon dengan alasan sebagai pemenang undian atau memberitahukan keluarganya sedang terkena musibah atau bahkan ditangkap Polisi. Ujung-ujungnya si penelpon meminta sejumlah uang. “Yang terpenting harus tanya kepada orang yang lebih tau atau lapor polisi,” pungkasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author