Published On: Ming, Sep 6th, 2015

Awas Diabetes Selalu Mengintai Warga

Share This
Tags

TUBAN

SAIFUL HADI: Ambulan yang ada saat ini paling muda pembelian tahun 2009. Tapi kebanyakan pembelian tahun 2005. Banyak yang sudah sering mogok saat mau dipakai.

SAIFUL HADI: Penderita diabetes meningkat 23 persen.

seputartuban.com – Penderita diabetes di Kabupaten Tuban terus mengalami kenaikan. Setiap tahun rata-rata mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan banyak faktor yang tidak dapat dihindari masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Saiful Hadi mengatakan penyebab penyakit diabetes 3 faktor. Yakni faktor lingkungan, kepribadian dan pola makan. “Setiap tahun penderita diabetes meningkat, bahkan diseluruh dunia juga meningkat,” kata Kepala Dinkes Tuban, Saiful Hadi, Sabtu (05/09/2015).

Ia menjelaskan saat ini Dinkes Tuban sedang memprioritaskan penanganan terhadap penyakir diabetes, jantung dan katarak. Dengan melalui program pelayanan penyakit kronis tidak menular. Dengan sosialisasi ke desa melalui Puskesmas. “Penyakit diabetes itu masuk dalam program penanganan prioritas,” sambungnya.

Agar tidak mengidap penyakit itu, warga dihimbau agar menjaga pola hidup, pola makan, istirahat cukup. Selain itu melakukan olahraga secara teratur dan menjaga stres.

Tanda penyakit diabetes itu adalah kencing terus bila malam hari lebih dari 3 kali. Ingin minum terus dan ingin makan terus. Bila terjadi hal semacam itu harus segera diperiksakan ke dokter atau Puskesmas terdekat. “Kita terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat,” ujar Saiful. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author