Published On: Jum, Jan 8th, 2016

Awal Tahun Disambut Kenaikan Harga Sayuran

TUBAN

MEROKET : Awal tahun harga sayuran di Pasar Tuban naik beragam

MEROKET : Awal tahun harga sayuran di Pasar Tuban naik beragam

seputartuban.com – Sepekan awal tahun 2016, warga Tuban dihadapkan dengan kenaikan harga sayuran. Kondisi ini membuat biaya kebutuhan dapur membengkak. Kenaikan harga sayuran bervariasi antara Rp. 2.000 hingga Rp. 8.000.

Hasil pantauan di Pasar Baru Tuban, Rabu (6/11/2016) harga yang merangkak naik antara lain, cabe keriting sejak akhir Desember 2015 dari Rp. 40 ribu naik Rp. 45 ribu/Kg. Cabe rawit dari Rp. 25 ribu naik menjadi Rp. 30 ribu/Kg. Cabe merah dari Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu/Kg.

Begitu pula dengan tomat dari  Rp. 10 ribu menjadi Rp. 12 ribu/Kg. Kentang dari Rp. 11 ribu menjadi Rp. 13 ribu/Kg. Timun dari Rp. 9 ribu menjadi Rp. 12 ribu/Kg. Bawang merah dari Rp. 30 ribu menjadi Rp. 35 ribu/Kg, sedang bawang putih stabil Rp. 25 ribu/Kg.

Wortel dari harga Rp. 7 ribu kini menjadi Rp. 15 ribu/Kg. Jeruk nipis dari Rp. 11 ribu menjadi Rp. 18 ribu/Kg. Telur ayam negeri dari Rp. 20 ribu menjadi Rp. 22 ribu/Kg. Telur ayam kampung untuk 10 butir dari Rp. 10 ribu menjadi Rp. 15 ribu.

Kondisi ini membuat pembeli mengeluh. Karena awal tahun sudah dihadapkan kenaikan harga kebutuhan pokok dapur. “Menikmati tahun baru, eh harga-harga kebutuhan pokok  pada baru. Sudah seminggu harga sebagian besar naik,” keluh seorang pembeli, Siti Fatimah (27).

Pedagang sayur juga mengeluh. Suryati (56), mengaku sejak awal tahun ini barang daganganya mengalami kenaikan harga. Akibatnya dia sering diprotes pelangganya.

“Memang pergantian tahun ini harga sembako pada naik. Sehingga memberatkan pembeli. Kami sih pengennya harga-harga tidak naik,” harapnya.

Ibu asal Lamongan itu menjelaskan kenaikan yang paling dirasakan pembeli adalah wortel dari awalnya  Rp. 7 ribu naik menjadi Rp. 15 ribu/Kg. Sedangkan jeruk nipis yang juga mengalami kenaikan sampai Rp. 8 ribu. “Sebagai bahan pokok, cabai dan bawang merah yang paling dikeluhkan,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author