Published On: Jum, Mei 13th, 2016

Awal Kemarau, Inilah Penyakit Berbahaya Ancam Warga Tuban

TUBAN

seputartuban.com – Empat jenis penyakit berbahaya ini sangat berpotensi menjangkiti warga Tuban saat musim kemarau. Karena matahari yang sangat terik langsung menyengat dapat menurunkan daya tahan tubuh. Dampaknya penyakit akan mudah menjangkiti karena daya tahan tubuh menurun.

SAIFUL HADI: Ambulan yang ada saat ini paling muda pembelian tahun 2009. Tapi kebanyakan pembelian  tahun 2005. Banyak yang sudah sering mogok saat mau dipakai.

SAIFUL HADI

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Tuban, Saiful Hadi mengatakan sejumlah faktor menyebabkan masyarakat akan mudah terjangkiti penyakit. “Debu yang berterbangan disetai udara kering memudahkan penyakit menyerang tubuh bagi yang berdaya tahan rendah,” terangnya, Kamis (12/5/2016).

Menurutnya, penyakit yang mudah menyerang orang dewasa, anak-anak, hingga balita itu adalah Infeksi Saluran pernafasan Atas atau yang biasa disebut ISPA. Penyakit jenis ini dapat meningkat pada musim kemarau. Yaitu saat udara menjadi kering disertai debu berterbangan dan angin yang membawa virus hingga merangsang terjadinya iritasi pada saluran pernafasan atas.

Iritasi jenis ini pada musim kemarau biasanya menyebabkan terjadinya flu disertai batuk. “Virus menyebar melalui kuman yang terbawa muntah atau kotoran yang ikut terbawa bersama udara,” imbuhnya.

Selain itu, penyakit lainya adalah diare yang ditandai buang air besar cair berkali-kali. Disebabkan kumpulan bakteri yang berasal dari tinja cair dan berlendir. Saat kemarau, dari tinja yang penuh bakteri pada tempat terbuka mengering dan bakteri akan mudah terbawa angin hingga mencemari udara.

Selain itu, penyakit lain adalah Tifus. Gejala penyakit ini ditandai demam antara 39 hingga 40 derajat celsius. Penyakit ini disebabkan bakteri salmonella typhi yang masuk ke saluran cerna melalui mulut, esofagus, lambung, usus kecil, dan usus besar. Ini disebabkan oleh bakteri yang ikut terbawa di kaki lalat, hingga kemudian hinggap dan mengontaminasi makanan.

Selain ketiga jenis penyakit tersebut, penyakit lain yang membahayakan saat musim kemarau ialah demam berdarah (DB), hal ini disebabkan virus Dengue. Virus yang dibawa nyamuk aedes aegypti berkembang biak di genangan air. Sehingga dari berkurangnya kadar air di luar rumah cenderung berkembang biak dan masuk kedalam rumah. Terutama pada tempat-tempat yang lembab dan berair.

Sedangkan untuk mengatisipasinya, Saiful berpesan sejumlah hal diantaranya melakukan olahraga teratur, minum vitamin,konsumsi buah-buahan.  “Jaga kesehatan dan jangan begadang malam karena berakibat menurunya fungsi kekebalan tubuh,” pugkasnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos