Published On: Sel, Mei 12th, 2015

Awal Juni Pelebaran Jalan Montong Senilai Rp. 10 Miliar Dimulai

TUBAN

DIHIBAHKAN : Pekerja sedang menebang pohon poros jalan Kecamatan Montong yang dihibahkan kepada masyarakat

DIHIBAHKAN : Pekerja sedang menebang pohon poros jalan Kecamatan Montong yang dihibahkan kepada masyarakat

seputartuban.com – Direncanakan pada awal Juni depan, proyek pelebarana jalan poros Kecamatan Montong-Kecamatan Singgahan akan dimulai. Pelebaran jalan lanjutan ini dianggarkan Rp. 10 Miliar sepanjang 4 KM.

Saat ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban sedang melakukan persiapan lelang. Serta melakukan penebangan pohon sepanjang jalan yang akan dilebarkan tersebut. Bahkan sudah disiapkan dana Rp. 200 juta untuk penebangan dan pengangkutan. Saat ini sebagian pohon sudah dihibahkan kepada masyarakat, dengan melakukan penebangan secara mandiri.

Kepala Dinas PU Kabupaten Tuban, Choliq Qunnasich mengatakan jalan semula memiliki lebar 4 meter akan menjadi 6 meter. Karena jalur ini dianggap alternatif dari Tuban Kota menuju Tuban selatan. “Akan segera kita laksanakan dan minggu ini masih dalam persiapan lelang,” katanya, Senin (11/05/2015).

Choliq berjanji kwalitas jalan akan diperhatikan dengan meningkatkan pengawasan melalui tim pengawas dan konsultan pembangunan. “Akan kita tingkatkan pengawasannya melalui konsultan, sehingga kualitasnya benar-banar baik,” janjinya.

Proyek yang dianggarkan dibawah Rp. 500 juta, konsultannya melalui penunjukkan. Bila melebihi nilai anggaran tersebut konsultan proyek dilelang. “Untuk proyek senilai Rp. 10 miliar itu dana untuk konsultannya sebesar Rp. 150 juta,” jelasnya.

Disinggung jalan yang cepat rusak usai dibangun, menurut Choliq tidak semata-mata karena kwalitas bangunan. Namun bisa saja disebabkan karena kendaraan yang melintas melebihi tonase yang telah ditentukan. Sehingga badan jalan tidak mampu menahan beban berlebih dan cepat mengalami kerusakan. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author