Published On: Jum, Nov 4th, 2016

Awal Bulan Ini Calon Kades Serentak Diumumkan

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Pilkades Serentak Kabupaten Tuban 2016 akan dilaksanakan pada 8 Desember 2016 dengan diikuti oleh 36 desa dari 16 kecamatan. Saat ini sudah pada tahap seleksi dan penetapan dari bakal calon (Balon) dan dijadwalkan awal bulan ini akan diumumkan Calon Kades yang akan dipilih masyarakat.

pilkadesKepala Bapemas Pemdes dan KB, Kabupaten Tuban, Mahmudi, menyampaikan untuk penetapan Calon Kades akan dilakukan pada tanggal 3 hingga 7 November 2016. Kemudian hasilnya akan diumumkan pada 8 November 2016 melalui panitia lokal. Saat ini  jumlah Balon Pilkades 2016 ada 102 Balon dari 36 Desa. “Untuk kampanye akan dilakukan pada tanggal 2 Desember lalu hari tenangnya pada 5 Desember,” terangnya.

Untuk menjaga kualitas pesta demokrasi desa, panitia lokal ditekankan agar melaksanakan debat kandidat Pilkades 2016. Menurutnya Mahmudi, debat kandidat tersebut bisa menjadi ajang bagi masing-masing calon untuk adu kualitas visi dan misi. Selain itu dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Jadi nantinya masyarakat bisa tahu pemikiran dan rencana kedepan masing masing calon. Serta masyarakat bisa memiliki dasar saat menentukan pilihan nantinya,” lanjut Mahmudi.
Dia menambahkan, melalui debat kandidat tersebut juga diharapkan masing-masing calon bisa melakukan kampanye kampanye kreatif. “Dan hal ini juga bisa menghindari praktek money politik. Maka kami berharap ada debat kandidat,” harapnya.

Terkait apakah akan ada sanksi tegas untuk pelaku politik uang, pihaknya hanya akan memberhentikan kegiatan kampaye. Secara teknis akan menyerahkan semua pada panitia kabupaten dan tim pengawas kecamatan. Hal demikian mengacu pada Peraturan Bupati Tuban Nomor 25 Tahun 2016 tentang Pilkades Serentak Tahun 2016. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author