Published On: Rab, Feb 14th, 2018

ASIDEWI :Wisata Tuban Potensial Sejahterakan Masyarakat

seputartuban.com, TUBAN – Ketua Umum Asosiasi Desa Wisata (ASIDEWI), Andi Yuwono ditengah jadwal mengisi materi pelatihan Pemandu Wisata Adventure yang dilaksanakan Pemkab Tuban optimis pariwisata sangat potensial menyejahterakan masyarakat. Melihat potensi alam yang melimpah dan bisnis wisata adalah jasa jangka panjang tidak ada batas waktu.

Ketua Umum ASIDEWI, Andi Yuwono (tengah) saat menjadi narasumber dalam pelatihan pemandu wisata oleh Pemkab Tuban

Kemarin mengatakan bahwa saat ini dunia pariwisata memiliki potensi besar untuk kemakmuran masyarakat. Karena didalamnya terdapat berakam aktivitas ekonomi yang dapat dikembangkan untuk masyarakat.

“Melihat trend yang sedang berkembang, pariwisata saat ini mempunyai kans besar sebagai solusi ekonomi yg berkelanjutan. Pariwisata adalah bisnis jasa, jadi tidak ada batasan sampai kapan akan habis sumber daya nya,” katanya.

Lebih lanjut pria yang juga menjabat Kaprodi D4 Destinasi Pariwisata di salah satu perguruan tinggi di Malang itu menambahkan Tuban memiliki kekayaan alam yang menjadi modal besar dalam pengembangan wisata.

“Tuban sangat kaya akan potensi untuk pengembangan pariwisata, terutama dengan modal bentang karst dan wisata heritage dan sejarahnya,” imbuhnya.

Wisata berbasis masyarakat adalah salah satu bentuk pengelolaan kepariwsataan yang dapat dikembangkan. Dengan begitu masyarakat akan mandiri dalam jangka panjang.”Kami ASIDEWI saat ini sedang gencarnya mendorong pendekatan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism) yang kami harapkan mampu menjadi jawaban dari kesejahteraan masyarakat itu sendiri. amat sangat penting bagi kami, karena perda bisa menjadi dasar / landasan regulasi yg mengatur tentang keberpihakan kebijkan pemerintah terhadap pola pengembangan pariwisata di Tuban,” tegasnya.

Untuk mewujudkan pariwisata yang berdampak peningkatan ekonomi masyarakat diperlukan sejumlah hal. Diantaranya adanya peraturan daerah hingga badan independen yang mengurusi promosi dan pengembangan wisata. “Sama juga dengan badan promosi pariwisata daerah, ketika dibentuk tentunya akan membantu sistematika promosi dan pemasaran pariwisata yg ada di Tuban. Dengan catatan prioritas utama harus tetap pada standarisasi produk dan instrumen pariwisata tuban itu sendiri, ” pungkasnya. NAL

Facebook Comments

About the Author